Info Sekolah
Tuesday, 27 Feb 2024
  • Selamat datang di laman web SMP Negeri 1 Mranggen      
  •      

SERUNYA PERSAMI SPENSA, TUMBUHKAN PATRIOTISME DAN JIWA KORSA

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Karakter positif pada manusia tidak lahir dan tumbuh dengan sendirinya.  Kreativitas, patriotisme, nasionalisme, kerja sama dan jiwa korsa, serta karakter positif lainnya. Diperlukan upaya melalui aktivitas nyata untuk mewujudkannya. Spensa, melalui Pramuka, berusaha meraihnya.

Kak Ali Mashar membuka Persami & LT1.

Pramuka merupakan gerakan yang wajib diselenggarakan di setiap instansi pendidikan atau pangkalan. Gugus depan atau disingkat Gudep, sebutannya. Lain dari itu, saat ini, Pramuka melalui pendidikan kepramukaan merupakan kegiatan yang wajib ada dalam kegiatan sekolah. Kegiatan ini berkaitan erat dengan proses bagaimana mewujudkan insan Spensa yang berkarakter positif pada masa mendatang.

Mengikuti apel, peserta Persami berbaris rapi.

Pada beberapa saat lalu, akitivas seru berkaitan dengan itu digelar di Spensa. Perkemahan pada hari Sabtu dan Minggu, atau biasa disebut Persami diselenggarakan dengan begitu meriahnya. Semua siswa kelas VII, sejumlah 319 peserta yang tergabung dalam Gudep 01.149-01.150 wajib mengikutinya.

Tugas SAS ekstrakurikuler Pramuka dikerjakan dengan serius.
Ibadah tetap utama, ya.

Kegiatan persami di Spensa diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu, 17 hingga 18 Juni 2023. Para siswa bergembira ria dan penuh semangat mempersiapkan diri untuk turut serta.  Kegiatan perkemahan ini adalah kegiatan kepramukaan yang merupakan kombinasi dua event yang diramu menjadi Persami yang seru.

Pentas seni memeriahkan Persami.

Oleh penyelenggara, kegiatan Persami ini dinamai Kegiatan Sumatif Akhir Semester Ekstrakurikuler Pramuka & Lomba Tingkat 1 (LT1) Tahun 2023. Sesuai dengan namanya, di dalamnya dilaksanakan SAS untuk ekstrakurikuler wajib kepramukaan dan LT1 secara terpadu. Adapun, kali ini, tema yang diusung adalah Penggalang Cerdas, Kreatif, Tangguh dan Berkarakter.

Tari-tarian turut mewarnai Persami.

Upacara pembukaan mengawali permulaan kegiatan. Dengan berpakaian seragam Pramuka lengkap beserta atributnya, seluruh peserta berbaris rapi. Dari Kak Ali Mashar, disampaikan pembinaan penuh arti bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan dengan tujuan meningkatkan karakter diri. Berikutnya, para peserta Persami bersiap untuk mengikuti SAS dan LT1.

Antre adalah salah satu budaya positif.

Berbagai game seru mengisi kegiatan SAS ini. Ada Kaki Gajah, Estafet Sarung, Karet Terbang, Bahtera Koran, Tembak Mata Sapi, Paket Air Terbang, poster dan yang terakhir adalah e-sport Mobile Legend. Suasana meriah otomatis pecah. Dari kejauhan, suara-suara ceria terdengar riuh gemuruh.

Makan bersama mengedepankan kebersamaan dan komunikasi positif sesama peserta.

Dari berbagai aktivitas itu, terdapat aktivitas yang tak terlupakan. Kak Veronika, salah seorang pembina, menyampaikan hal tersebut.

Pramuka dan api unggun adalah dua hal yang tak terpisahkan.

“Semua aktivitas yang digagas adalah aktivitas yang seru. Menurut saya, yang paling berkesan adalah saat para peserta melakukan penjelajahan dan mengikuti lomba. Terlihat sekali bagaimana para peserta begitu aktif dan kompetitif. Mereka tampak mempersiapkan diri dengan sangat baik. Yang paling mengharukan adalah ketika ada salah seorang teman yang jatuh sakit. Terasa sekali adanya empati untuk turut merawat sesama”.

Pemasangan bendera regu oleh Kak Veronika.

Dalam upacara penutupan, Kak Veronika menyampaikan pesannya. Para peserta diharapkan mengambil dan menyimpan apa yang baik dari kegiatan ini. Kemandirian, sportivitas, serta karakter positif lainnya. Sebaliknya, apa yang kurang baik harus dijadikan bahan untuk introspeksi diri sehingga menjadi pribadi yang makin ‘berisi’.

Regu putra berprestasi menerima apresiasi.
Apresiasi untuk regu putri berprestasi.
Para juara berfoto bersama Kak Ariel.

Ini dia liputan tentang Persami seru di Spensa. Sampai jumpa lagi dalam reportase berikutnya.

Kak Veronika menutup Persami.

Salam jaya Spensa, terus melaju dan makin bermutu. (Amanah Agus)

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Dayyan Naufal MaulanA
Tuesday, 20 Jun 2023

Saya senang sekali mengikuti persami ini

Reply

Beri Komentar