Info Sekolah
Thursday, 25 Jul 2024
  • Selamat datang di laman web SMP Negeri 1 Mranggen      
  •      

TUTUP TAHUN 2023/2024, INI DIA, PRESTASI-PRESTASI SISWA SPENSA

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Tahun pelajaran 2023/2024 segera berlalu. Akhir Juni nanti, para orang tua siswa akan datang bertamu. Kepada mereka, akan diterimakan sebuah buku.  Laporan hasil kegiatan pembelajaran alias buku rapor siswa akan diserahkan. Ini artinya, para siswa akan segera naik kelas dan memasuki tahun pelajaran baru.

Upacara pengibaran bendera dilaksanakan di Spensa dalam berbagai peringatan hari besar nasional.

Menyambut tahun pelajaran yang akan segera datang, berkaca pada masa sebelumnya bukanlah pantang. Termasuk perolehan prestasi dalam berbagai ajang kompetisi. Spensa akan mengingat dan mencatat berbagai prestasi siswa yang memekarkan rasa bangga.

Nah, ini dia prestasi-prestasi akademik dan nonakademik membanggakan yang berhasil ditorehkan oleh para siswa:

  1. Kepramukaan (Lomba Cepat Tepat Pramuka /LCTP) November 2023

Melalui babak penyisihan yang diikuti 14 kwartir ranting (kwarran), tim Pramuka Garuda Spensa berhasil mengukuhkan posisi dengan masuk dalam enam (6) besar dan mencantumkan nama diri. Akhirnya, sebagai finalis, Spensa berhasil menyabet dan membawa pulang piala juara. Tim putri berhasil mempersembahkan piala juara dua (II) dan tim putra berhasil meraih pencapaian sebagai juara harapan I.  Ini merupakan hasil yang membanggakan setelah memeras pikiran dan tenaga untuk bertanding dan menyingkirkan pesaing. Kepada Carissa Ayu Saputri (siswa kelas 8H), Erliana Eccika Sautri (9B) dan Mayda Nurusifa, Spensa memberikan acungan jempol atas perjuangan dan prestasi yang dicapai.

Pramuka Garuda Spensa berfoto bersama pelatih sehabis memenangkan kompetisi dalam LCTP 2023.

Pada kesempatan yang lain, salah seorang siswa Spensa sukses mencatatkan nama sebagai peserta yang lolos dalam seleksi anggota Pramuka Garuda tingkat kabupaten Demak Mei 2024 lalu.

2. KIHAJAR (November 2023)

Dengan pembimbingan dan pendampingan dari pengajar IPA, Endah Cipta Ningrum, S.Si., M.Pd., tiga siswa Spensa bertarung mengejar prestasi. Mereka adalah Hisyam Rizquna S. (9B) yang didampingi dua rekannya, Keisya Gladis O. (9B) dan Elvina Octa A (9A). Dengan aplikasi dari BPTIK (Balai Pusat Teknologi, Informasi, Komunikasi) yang terpusat secara nasional, soal-soal dikerjakan secara online. Mereka berhasil meraih peringkat 4 pada tahap Basic dan ranking 3 tingkat provinsi Jawa Tengah pada babak Intermediate. Dengan demikian, mereka berhasil memperoleh kunci untuk melaju pada babak berikutnya, yakni level Advance.

Keberhasilan tim Spensa dalam KIHAJAR ini, sebelumnya, telah didahului dengan pencatatan prestasi dalam kompetisi serupa. Pada 16 Mei 2023 lalu, kontingen Spensa juga diikutsertakan dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten Demak. Salah satu anggota kontingen, Hisyam Rizquna Sutiyono berjaya mendapatkan predikat juara melalui lomba perseorangan mata pelajaran IPA (Biologi dan Fisika). Adapun dua rekannya, yakni Keisya Gladis O. dan Faricha Binta T. masih harus meningkatkan kualitas masing-masing.

Hisyam, Keisya dan Elvina menerima sertifikat penhargaaan kejuaraan dalam KIHAJAR 2023.

3. Olimpiade Nasional

Beberapa saat lalu, siswa Spensa menyertakan diri dalam dua event kompetisi. Olimpiade Nasional ke-13 (OMNAS 13) dan Junior Science Competition (JSC) tingkat kabupaten Demak tahun 2024. Kembali, mereka berjaya mengukir prestasi. Beberapa nama siswa dari Spensa berhasil mengukuhkan diri sebagai pemenang. Dengan demikian, mereka berhak pulang dengan membawa predikat juara.

Berikut ini adalah nama-nama siswa membanggakan dari Spensa dan prestasi yang berhasil mereka raih.

a. Muhammad Zidane Akbar

Zidane adalah peserta lomba OMNAS ke-13 “Kompetisi Nasional Matematika-Sains-Bahasa Indonesia 13” tahun 2023-2024. Ia mengikuti babak penyisihan di tingkat kabupaten Demak pada 19 November 2023 lalu dan berhasil mendapatkan medali perak. Selanjutnya, Zidane menyelesaikan babak final tingkat provinsi Jawa Tengah pada 20 Januari 2024 di SD Pangudi Luhur Timotius Surakarta. Ia juga berhasil merebut medali perak.

Dengan berhasil mendapatkan peringkat tiga besar, Zidane sukses menyematkan nama sebagai peserta final tingkat nasional pada 22-23 Juni 2024 mendatang.

b. Muhammad Fajar Ikhsan dan Muhammad Zidane Prayoga

Fajar dan Zidane Prayoga merupakan peserta JSC dari Spensa yang mengikuti kompetisi dalam mata pelajaran Matematika. Fajar berhasil merebut medali perak sedangkan Zidane Prayoga meraih medali perunggu.

c. Elvina Octa Ariani, Faricha Binta Tsalitsa, Keysa Gladis Oktavia dan Elsa Maulida

Mereka menyertakan diri sebagai kompetitor Junior Science Competition (JSC) dalam mata pelajaran IPA. Mereka bertiga masing-masing berhasil memperolah medali perak, sedangkan Elsa memperoleh medali perunggu.

Junior Science Competition (JSC) tingkat kabupaten Demak tahun 2024 adalah kompetisi yang diawaki oleh Lembaga POSI (Pusat Olimpiade Sains Indonesia). Event ini diselenggarakan secara daring atau online sehingga para peserta bertanding dari sekolah masing-masing.

Para juara OMNAS berpose bersama. Siswa dari Spensa juga turut bergaya. Yang mana, dia?

4. POPDA kabupaten Demak

Dalam kompetisi yang diselenggarakan pada tanggal 27, 28 dan 29 Februari 2024 tersebut, kontingen Spensa berhasil merebut dan membawa pulang 10 predikat juara. Dari tujuh cabang olahraga yang dipertandingkan, tim Spensa berjaya menyematkan nama pada nomor Lompat Tinggi putra dan putri, Gulat putra dan putri, Lompat Jauh putri dan renang gaya dada, gaya bebas dan gaya punggung.

Nah, ini dia para juara POPDA dari Spensa:

a. Rendy Firin merebut juara 1 cabor Lompat Tinggi putra;

b. Sela Amalia merebut juara 1 cabor Lompat Tinggi putri;

c. Ahmad David Affandi berhasil meraih juara 1 Gulat putra;

d. Dzaki Talita Sakhi berhasil meraih juara 2 Gulat putri;

e. Safira Jihan sukses menyabet gelar juara 3 Gulat putri;

f. Sintia Khoirunnisa berjaya mendapat juara 2 lompat Jauh Putri;

g. Fayola Farin Reta sukses memperoleh 3 gelar sekaligus, yakni juara 2 renang 50meter dengan gaya dada dan juara 2 renang 50 meter dengan gaya bebas serta juara 3 renang 50 meter gaya punggung.

Atlet Spensa sedang berjuang dalam POPDA.
Momor gulat sedang berlaga, nih.

5. Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2024

Dalam ajang kompetisi artistik yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tingkat kabupaten Demak ini, siswa Spensa berhasil merebut juara dalam 2 nomor lomba.

a. Juara 3 menyanyi solo diraih oleh Elvia Destin Althafunnisa dari kelas VII A dan

b. Juara 3 menggambar ilustrasi dicapai oleh Caliya Andrea dari kelas IX H.

Elvia bertarung dengan suaranya dalam FLS2N.
Elvia dan Caliya menerima trofi dari kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Demak bersama dengan juara lain.

6. Olimpiade Sains Nasional (OSN) Juni 2024

Kompetisi akademik ini diikuti secara on line pada Juni 2024.  Shifa Ramadhani dari Spensa lolos dalam seleksi tingkat kabupaten Demak. Selanjutnya, ia berhak maju dan mengikuti ajang lomba tingkat provinsi Jawa Tengah dalam mata pelajaran IPS untuk mewakili Demak.

Seriusnya pak Hastomo mendampingi Syifa dalam dalam ajang OSN 2024. Tampak dari ekspresi wajahnya, kan?

7. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (OOSN) MEI 2024

Adapun dalam OOSN, siswa Spensa kembali berhasil menyunggingkan senyuman dengan membawa pulang piala dan predikat pada beberapa cabor. Ini dia:

a. Juara 1 Bulu Tangkis putri direbut Sinta Dewi Puspitasari VII C;

b. Juara 3 Bulu Tangkis putra disabet Rafisky Malvino Kurniawan VII C;

c. Juara 3 Atletik putra diraih Oktora Rizky Ahmadinejad VIII E dan

d. Juara 3 Pencak Silat Seni Tunggal dan juara 3 Pencak Silat Solo Kreasi dibawa pulang Meisya Prameswari VIII A.

            Menutup tahun pembelajaran 2023/2024 ini ternyata telah terkumpul banyak piala. Ini semua adalah hasil kerja keras siswa. Dengan pembimbingan dan pendampingan dari guru pelatih, mereka berhasil meraihnya. Akhirnya, berkembang rasa bahagia dan bangga kerena sukses mengharumkan nama Spensa.

Teruslah berusaha menggapai harapan dan cita-cita masa depan! Selalu tingkatkan semangat agar kian kuat dan mencapai prestasi yang hebat.

Spensa akan terus mendorong agar terus melaju dan makin bermutu. Salam jaya Spensa. (AA)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar