Info Sekolah
Sunday, 14 Apr 2024
  • Selamat datang di laman web SMP Negeri 1 Mranggen      
  •      

SPENSA SAMBUT MUHARAM DENGAN BERBAGI KEPADA SESAMA

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Berbagi merupakan salah satu kegiatan yang amat positif. Manfaatnya luar biasa. Siapa saja yang melakukannya, dijanjikan oleh Allah SWT akan menerima pahala. Balasannya bisa jadi berlipat ganda atau bahkan tak terhingga. Hal ini tersurat pada salah satu firman dalam kitab-Nya.

Ahmad Khanif, S,Kom, anggota STP2K Spensa membuka acara.

Sebagai sebuah lembaga pendidikan, SMP Negeri 1 Mranggen atau biasa disebut Spensa terus berusaha untuk mendidik siswa-siswa agar berkarakter Pancasila. Adapun yang termasuk sebagai karakter profil pelajar Pancasila tersebut adalah bergotong royong dan berakhlak mulia. Demi tercapainya misi tersebut, dilakukan berbagai upaya. Di antaranya adalah dengan pembelajaran berbagi kepada sesama.  Termasuk kegiatan yang diselenggarakan baru-baru ini, Spensa menyambut datangnya Muharam dengan berbagi kepada sesama.

Sambutan waka kesiswaan Spensa disampaikan oleh Bustamil Arifin, S.Pd., M.Pd.

Tahun baru Hijriyah baru saja datang. Kehadirannya selalu kita jelang dengan riang. Muharam sebagai bulan pertama pada kalender Hijriyah merupakan simbol bahwa kita memasuki era yang baru. Era yang harus lebih baik daripada yang telah berlalu.

Drs. H. Mustaghfirin menyampaikan tausiah dan hikmah.

Berdasarkan sejarah, pada masa terdahulu, berbagai peristiwa Islami yang fundamental terjadi pada bulan Muharam. Peristiwa-peristiwa tersebut misalnya disembuhkannya nabi Ayyub AS dari penyakit kulit yang diderita sekian lama, tenggelamnya raja Fir’aun di Laut Merah, selamatnya nabi Ibrahim dari pembakaran terhadap dirinya, dan yang paling fenomenal adalah selamatnya kapal nabi Nuh dari mengerikannya air bah.  Semua itu merupakan anugerah yang sekaligus musibah.

Pembagian santunan kepada para siswa yatim piatu Spensa.

Berdasarkan salah satu hadist, terdapat pernyataan bahwa musibah akan dijauhkan berkat adanya sedekah. Ini merupakan istilah lain dari kegiatan berbagi. Inilah yang kemudian menjadi dasar dilaksanakannya kegiatan pemberian santunan pada bulan Muharam yang ada di masyarakat, termasuk pula di Spensa.

Pembagian santunan kepada para siswa yatim piatu Spensa.

Sebagai instansi yang mengedepankan pengembangan karakter mulia, Spensa turut pula mengajak para siswa untuk memanjatkan doa. Permohonan keberkahan dan keselamatan dipanjatkan agar berbagai musibah dijauhkan. Lebih dari itu, kegiatan pembelajaran berbagi juga dilakukan. Dengan inisiasi OSIS, sembilan ratusan siswa mengumpulkan iuran. Berikutnya, pada hari Jumat, 11 Agustus 2023 kepada sejumlah 58 siswa yatim piatu, santunan tersebut dibagikan. Kegiatan ini baru dapat terlaksana karena sangat padatnya program kegiatan di Spensa.

Pembagian santunan kepada para siswa yatim piatu Spensa.
Pembagian santunan kepada para siswa yatim piatu Spensa.

Ya, ini merupakan aktivitas yang sangat bersahaja tetapi penuh makna. Melalui kegiatan berbagi kepada sesama, Spensa berharapa semoga terwujud siswa Spensa yang suka bergotong-royong dan berakhlak mulia.

Yuk, terus berikan dukungan kepada Spensa dalam berbagai kegiatan, agar Spensa terus melaju dan makin bermutu!

Salam jaya Spensa. (AA)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar