Info Sekolah
Sunday, 14 Apr 2024
  • Selamat datang di laman web SMP Negeri 1 Mranggen      
  •      

SPENSA MAKIN BERSINAR DENGAN MERDEKA BELAJAR

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Kegiatan pembelajaran merupakan roh sebuah lembaga pendidikan. Dibutuhkan perencanaan yang baik dan terarah untuk mencapai misi yang ditetapkan sesuai dengan visi yang dicanangkan. Makin terarah perencanaannya, makin dekat dengan capaian yang diekspektasikan. Dalam peradaban dunia yang makin modern dengan perkembangan IT yang makin canggih dewasa ini, visi dunia pendidikan juga mengalami perubahan dan pembaruan.

Hal ini disadari benar oleh SMP Negeri 1 Mranggen. Oleh karena itu, pembenahan diri selalu dilakukan. Berkenaan dengan kurikulum baru yang akan segera diterapkan, SMP Negeri 1 Mranggen menyelenggarakan beberapa kegiatan pemantapan.

Sabtu, 14 Mei 2022, di SMP Negeri 1 Mranggen, diselenggarakan kegiatan PERSIAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Dalam acara tersebut, dihadirkan fasilitator Kurikulum Merdeka kabupaten Demak, Eko Widodo, S.Pd., M.Pd. Eko Widodo adalah fasilitator KURIKULUM MERDEKA yang tidak lain adalah kepala SMP Negeri 4 Demak, yang merupakan pionir Sekolah Merdeka Belajar. Dengan demikian, selain disampaikan paparan berkaitan dengan seluk-beluk Sekolah Merdeka, ini juga merupakan kegiatan berbagi (sharing) pengalaman bagaimana kurikulum baru ini telah satu tahun diaplikasikan.

“Fleksibilitas, peningkatan kualitas pembelajaran dan pendidikan karakter sebagai pelajar Pancasila merupakan inti Kurikulum Merdeka ini. Tujuan utamanya adalah pengembangan potensi siswa yang makin maksimal sehingga nantinya dihasilkan lulusan yang benar-benar potensial sesuai dengan bakat dan minat masing-masing”, demikian dituturkan oleh sang fasilitator.

Kegiatan yang diselenggarakan di auditorium SMP Negeri 1 Mranggen ini dihadiri oleh segenap pengajar serta didampingi oleh anggota komite sekolah dan kepala SMP Negeri 1 Mranggen, Dra. Sri Tutik Cahyaningsih, M.Pd. Kegiatan berlangsung dengan serius tetapi santai dan sederhana. Meskipun demikian, wawasan yang dibagikan dirasakan begitu bermanfaat dan mengena.

Sebelum ini, beberapa saat yang lalu, telah diselenggarakan sosialisasi kurikulum merdeka. Kegiatan yang diisi oleh pengawas Pendidikan kabupaten Demak ini dirasa masih membutuhkan kegiatan lanjutan. Oleh karena itu, digelarlah kegiatan PERSIAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA ini sebagai pemantapan sebelum kurikulum baru ini benar-benar diterapkan pada tahun ajaran baru 2022/2023 mendatang.

Kurikulum Merdeka adalah sebuah kurikulum baru dengan tujuan utama agar siswa makin bersinar karena potensinya benar-benar digali saat mengikuti pembelajaran dengan kurikulum Merdeka Belajar. Terapkan kurikulum Merdeka Belajar, siswa makin berpijar, Spensa makin bersinar. Salam jaya Spensa. (AA)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar