Hai, selamat bertemu kembali di laman web SMP Negeri 1 Mranggen. Kali ini akan kita obrolkan kegiatan Spensa berkaitan dengan kespro. Wawasan tentang kespro ini penting, lho. Terutama buat kamu yang mulai beranjak remaja. Yuk, terus ikuti!

Ya, pertengahan Desember 2021 lalu, di Spensa digelar sosialisasi kespro. Spensa sengaja, lho, menyelenggarakan kegiatan ini. Tujuan utamanya adalah mengedukasi para remaja, khususnya siswa-siswa Spensa. Ini merupakan bentuk kepedulian Spensa terhadap perkembangan fisik dan mental siswa-siswa Spensa yang mulai menginjak masa remaja.  Nah, apa, sih, kespro itu. Check it out!

Kespro adalah singkatan kesehatan reproduksi. Remaja harus tahu tentang ini. Apa dan bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi juga wajib dipahami. Adapun tujuan dan alasan perlunya dilakukan sosialisasi dipaparkan dengan sangat gamblang oleh pengisi. Penyuluh dari Puskesmas setempat didapuk untuk menyampaikan materi.

Di Spensa, program sosialisasi dengan tema kespro ini sudah diselenggarakan dengan sukses. Rasa syukur yang luar biasa dipanjatkan kepada Tuhan Yang Mahaesa untuk ini. Harapan berikutnya adalah agar siswa-siswa Spensa terhindar dari efek negatif yang ditimbulkan dari ketidakpahaman mengenai kespro.

Sebelumnya, terjadi pelecehan seksual yang menimpa belasan siswa perempuan di beberapa sekolah di kabupaten Demak. Pelakunya adalah orang yang setiap hari dekat dengan mereka. Beberapa korban di antaranya bahkan hamil dan melahirkan.

Namun demikian, ada hal yang lebih mencengangkan. Oleh pelaku, dikatakan bahwa perilaku tidak pantasnya itu justru disebut sebagai wujud kasih sayang. Di pihak lain, yang membuat geleng-geleng kepala adalah sebagian korban menganggap bahwa itu merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi. Sebagian korban malah santai saja. Mereka masih belum sadar bahwa mereka telah dirugikan. Nah, kalau sudah begini, lemas hati, deh.

Itu dia peristiwa yang mendasari diselenggarakannya sosialisasi kespro ini. Sangat mengerikan, ya? Jangan sampai karena ketidakpahaman tentang kespro, nasib dan masa depan jadi berantakan.

Kamu, bagaimana? Tidak mau, kan, cita-citamu tidak tercapai dan nasibmu berakhir mengenaskan? Makanya, patuhi himbauan dan larangan tentang kespro, ya! Ingat, cita-citamu menunggu!

Sampai jumpa lagi dalam reportase berikutnya. Salam jaya Spensa. (Amanah Agus)

Leave a Comment