Info Sekolah
Wednesday, 27 Sep 2023
  • Selamat datang di laman web SMP Negeri 1 Mranggen      
  •      

SMP NEGERI 1 MRANGGEN DAN PUSKESMAS MRANGGEN 1 SELENGGARAKAN KERJASAMA DALAM PENJARINGAN KESEHATAN SISWA

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Kesehatan merupakan anugerah yang tak ternilai harganya. Ini merupakan ungkapan yang sangat tidak asing bagi kita. Ya, bagi manusia, kesehatan merupakan aset yang sangat penting. Tanpanya, manusia sulit untuk melakukan berbagai aktivitasnya.

Petugas Puskesmas Mranggen 1 melakukan pemeriksaan kesehatan kelenjar tiroid siswa.
Khusus siswa putri, dilakukan pula pemeriksaan Hb dengan Glukometer.

SMP Negeri 1 Mranggen atau biasa disebut Spensa sebagai lembaga pendidikan dengan jumlah siswa yang hampir seribu banyaknya, sangat menyadari akan pentingnya kesehatan. Utamanya bagi para siswa, kesehatan bukan sekedar harapan, tetapi juga kebutuhan. Sebagai penunjang pokok dalam meraih cita-cita masa depan, siswa yang tidak lain adalah para penerus bangsa benar-benar membutuhkan pemeliharaan kesehatan.

Pemeriksaan telinga bagi siswa putra.
Pemeriksaan gigi dan mulut siswa untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Menyadari akan begitu pentingnya hal tersebut, SMP Negeri 1 Mranggen bekerja sama dengan Puskesmas Mranggen 1 menyelenggarakan kegiatan penjaringan Kesehatan siswa. Ini merupakan program khusus bagi para siswa baru kelas VII.

Pemeriksaan telinga siswa putri. Pembina PMR SMP Negeri 1 Mranggen, Ibu Ety Aryawati, S.Pd. turut mendampingi.
Penjaringan kesehatan diikuti seluruh siswa baru kelas VII SMP Negeri 1 Mranggen.

Penjaringan Kesehatan adalah kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi para siswa yang baru saja masuk ke sekolah. Sasarannya adalah siswa kelas I SD, VII SMP dan XI SMA. Aktivitas Ini adalah program rutin tahunan Puskesmas Mranggen 1 yang diselenggarakan antara bulan Juli hingga Agustus setiap tahunnya sebagai pemenuhan terhadap Standar Pelayanan Minimal bagi masyarakat (SPM). Adapun di SMP Negeri 1 Mranggen, kegiatan penjaringan Kesehatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 7 Agustus 2023 lalu.

Petugas Puskesmas Mranggen 1, Fakhis Zuli, S.Kep., Ns. memberikan penjelasan tentang pentingnya penjaringan kesehatan siswa.

Terdapat beberapa pemeriksaan penting yang dilakukan oleh petugas. Pemeriksaan tersebut meliputi kesehatan gigi dan mulut, mata, telinga, leher, reproduksi dan aktivitas merokok. Selain itu, dilakukan pula pemeriksaan Hb untuk mengetahui kadar gula dalam darah dan kemungkinan terjadinya anemia melalui pengambilan sampel darah dengan menggunakan alat glukometer.

Pengambilan sampel darah untuk pemeriksaan kadar gula darah dan Hb.

”Kegiatan penjaringan kesehatan merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan. Dengan penjaringan kesehatan, kondisi kesehatan awal siswa baru dapat diketahui. Selanjutnya, penanganan lebih lanjut dapat segera dilakukan jika terdeteksi adanya gangguan kesehatan pada siswa”. Demikian penjelasan Fakhis Zuli, S.Kep., Ns., pelaksana penjaringan kesehatan dari Puskesmas Mranggen 1 bersama dua rekannya.

Pencatatan hasil pemeriksaan Hb pada formulir penjaringan kesehatan.

Lebih lanjut Ibu Zuli menyampaikan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan, terdapat beberapa siswa yang terdeteksi menderita gangguan kesehatan. Mereka akan mendapatkan penanganan lanjutan secara khusus dengan datang langsung ke Puskesmas Mranggen 1 dan membawa surat pengantar dari sekolah.  

Camat Mranggen, bapak Wiwin Edy Wibowo, S.Sos. memantau pelaksanaan penjaringan kesehatan.

Kesehatan memang penting, ya, bagi kita. Kalau sakit, tentunya aktivitas akan terhambat. Oleh karena itu, merawat kesehatan akan sangat bermanfaat. Kita akan mampu melakukan berbagai kegiatan dengan bugar dan kuat.

Yuk, jaga kesehatan! Bersama Puskesmas Mranggen 1, SMP Negeri 1 Mranggen terus melaju dan makin bermutu.

Salam sehat. Salam jaya Spensa. (AA)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar