Ini dia, juara baru Spensa. Satu bukti lagi bahwa siswa-siswa Spensa memang mumpuni.  Sekali lagi, siswa Spensa catatkan prestasi.

Ya, Selasa, 6 April 2021 lalu, tim Spensa berhasil merebut dua gelar juara Kompetisi Siswa Nasional tingkat kabupaten Demak tahun 2021. Dengan menjuarai ajang tersebut, tim Spensa berhasil membawa pulang dua piala sekaligus. Selain itu, para juara juga mendapatkan piagam dan uang pembinaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Demak. Ini berarti mereka kembali mempersembahkan kebanggaan bagi almamater tercinta.

Dalam ajang kompetisi akademik bergengsi kabupaten Demak yang digelar di SMP Negeri 4 Demak ini, ada dua piala yang berhasil digondol tim SMP Negeri 1 Mranggen alias Spensa. Satu piala sebagai juara 3 mata pelajaran Matematika dan satu piala lagi sebagai juara 3 mata pelajaran Ilmu pengetahuan Alam (IPA). Adapun dalam kompetisi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), piala belum berhasil direbut.

Spensa yang dalam kompetisi ini mendapat dua piala, membawa tiga siswa sebagai kontestan. Fadhly Ahmad Faza dari kelas VIII A bertanding dalam mata pelajaran IPA. Raihan Aditya, dari kelas VIII A, mewakili Spensa dalam mata pelajaran Matematika. Adapun dalam pertandingan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Spensa diwakili oleh Fara Nurdiana Hesti Wijaya yang juga berasal dari kelas VIII A.

Keberangkatan siswa-siswa Spensa sebagai kontestan merupakan hasil bimbingan dari para guru. Sejak beberapa pekan sebelumnya, mereka berjibaku mempersiapkan para siswa tersebut. Para pembimbing itu antara lain Husni Binawati, S.Pd., Endah Cipta Ningrum, S.Si., M.Pd. dan Prie Muzhevi Eka Siwi, S.Pd., Sri Yuliati, S.Pd. dan Soegeng Waseso, S.Pd. serta Sudarsih, S.Pd. dan Dra. Dian Nayawati Saraswati Utami yang membidangi mata pelajaran IPA, Matematika dan IPS.

Sebuah adegan dramatis dan mendebarkan sempat terjadi dalam ajang KSN yang diikuti oleh 50 SMP/MTs negeri dan swasta ini. Dalam pengumuman pemenang, dibacakan perolehan skor para kontestan. Fadhly yang saat itu diumumkan sebagai juara tiga, mendapatkan skor 90 yang hanya berselisih satu poin dibandingkan juara dua dari SMP Negeri 1 Mijen.

Menjuarai KSN tingkat kabupaten merupakan sebuah kebanggaan.  Apalagi dengan itu, para juara juga akan kembali maju dalam pertandingan yang lebih bergengsi, yakni KSN tingkat provinsi Jawa Tengah. Hal ini tentunya merupakan peristiwa yang pastinya sangat membahagiakan.

Terima kasih para juara Spensa. Perjuangan kalian telah mengharumkan nama Spensa. Selamat bertanding kembali dalam ajang yang makin bergengsi.

Salam jaya Spensa.(AA)

Leave a Comment