Info Sekolah
Tuesday, 18 Jun 2024
  • Selamat datang di laman web SMP Negeri 1 Mranggen      
  •      

Project Pertama Spensa Usung Tema Adiwiyata

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Tahun ajaran baru 2022/2023 telah tiba. Spensa menyambutnya dengan suka cita. Apalagi tahun ini kurikulum baru mulai diberlakukan, oleh Spensa, rangkaian kegiatan pembelajaran telah disiapkan.

Salah satu kegiatan yang telah disiapkan dan saat ini tengah diselenggarakan di Spensa dalam Kurikulum Merdeka ini adalah kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau disingkat P5. Pembelajaran project adalah kegiatan pembelajaran dengan mengedepankan aktivitas bersama dengan tujuan utama menumbuhkan dan menguatkan karakter tertentu. Di samping itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi.

Di Spensa, pembelajaran project tahap pertama diselenggarakan dengan mengusung tema Adiwiyata. Kegiatan yang dimulai pada Jumat, 22 Juli 2022 ini dilangsungkan dengan tujuan utama menumbuhkan berbagai karakter positif, khususnya yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan. Siswa diajak berjalan bersama mengitari jalan kampung sekitar sekolah. Mereka mengumpulkan sampah yang ditemukan di sepanjang jalan tersebut. Berikutnya, sampah yang terkumpul dimasukkan ke dalam kantong-kantong yang disiapkan.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mranggen ini mendapatkan perhatian dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Demak. Drs. Indarjo, M.H. selaku pengawas SMP Negeri 1 Mranggen turut hadir dan memberikan apresiasi. Oleh beliau, diberikan pula bimbingan agar pelaksanaan pembelajaran project berikutnya berlangsung dengan makin optimal.

“Kegiatan pembelajaran project ini seyogyanya bukan hanya dilaksanakan saat di sekolah. Jadikanlah kebiasaan baik untuk kalian! Misalnya, kalian menemukan sampah di jalan, silakan ambil lalu masukkan ke tempat sampah!”, demikian pesan Pak Indarjo kepada para siswa.

Dalam Kurikulum Merdeka, kegiatan pembelajaran project ini dialokasikan sebanyak 20 sampai 30 persen jam pelajaran dalam satu tahunnya. Khusus di Spensa, kegiatan ini diselenggarakan tiap hari Jumat dan Sabtu.

Oleh tim kurikulum, pembelajaran berbasis project ini disiapkan bukan hanya untuk menciptakan lingkungan belajar yang seru dan menyenangkan. Penumbuhan dan pengembangan karakter positif siswa menjadi misi utama. Adapun target berikutnya adalah agar pelaksanaan belajar bisa lebih bermakna dan bermanfaat bagi kehidupan.

Penyelenggaraan kegiatan pembelajaran project ini merupakan implementasi dari perencanaan yang telah disusun bersama dalam kegiatan workshop yang dilangsungkan sebelumnya. Beberapa hari lalu, sebelum tahun ajaran baru datang, tamu penting sengaja diundang. Beliau adalah Dra. Suminarsih, M.Pd., seorang fasilitator dari LPMP Jawa Tengah. Kehadiran Bu Mimin ini adalah sebagai pemateri dalam kegiatan workshop pamungkas menjelang tahun ajaran baru dengan kurikulum baru.

Project pertama Spensa, diusung tema Adiwiyata. Selanjutnya, apa? Nantikan kabar-kabar Spensa berikutnya! Salam jaya Spensa. (AA)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar