Info Sekolah
Friday, 09 Dec 2022
  • Selamat datang di laman web SMP Negeri 1 Mranggen      
  •      

PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN SPENSA FOKUSKAN PEMBINAAN KARAKTER SISWA

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Karakter atau akhlak mulia merupakan fokus utama pembelajaran di Spensa. Pada setiap kegiatan pembelajaran, pembinaan karakter siswa selalu menjadi prioritas pertama. Oleh karena itu, dilakukanlah berbagai upaya untuk dapat melangsungkan berbagai acara dengan fokus yang sama.

Dua orang anggota TNI memberi pembelajaran kedisiplinan kepada para peserta pendidikan kepramukaan.

Pada akhir Oktober hingga awal November 2022, tepatnya 25, 26, 27 Oktober dan 1 November 2022, diselenggarakanlah pendidikan kepramukaan. Kegiatan ini dilangsungkan untuk siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 1 Mranggen. Acara yang dimulai pada puku 07.30 hingga 12.30 WIB ini diagendakan selama dua hari untuk masing-masing kelas. Siswa kelas VIII mendapat alokasi waktu 25 dan 26 Oktober 2022, sedangkan siswa kelas IX memperoleh waktu 27 dan 1 November 2022.

Didampingi tim pembina Kwarcab kabupaten Demak, siswa Spensa belajar tentang kepramukaan.

Materi yang disajikan pada program tersebut terbagi atas dua bagian, yakni materi kepramukaan yang disajikan oleh tim kwarcab Demak dan materi pembinaan karakter yang dilatihkan oleh tim TNI.

Para peserta mengikuti pendidikan kepramukaan di auditorium SMP Negeri 1 Mranggen.

Sebagaimana diketahui bahwa pendidikan kepramukaan merupakan program yang wajib diselenggarakan di sekolah. Di SMP Negeri 1 Mranggen sendiri, kegiatan pendidikan kepramukaan dilangsungkan dengan sistem blok. Artinya, kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan secara utuh dengan mengambil beberapa hari, tanpa bercampur dengan materi pelajaran lain.

Adapun kegiatan pendidikan kepramukaan untuk kelas VII diagendakan beberapa saat mendatang. Pelaksanaannya dirangkai dengan acara motivasi training. Nantinya, Spensa akan menggandeng tim KARTIKA yang merupakan tim ahli bidang psikologi.

Budi pekerti atau karakter merupakan dasar kepribadian. Sebagai instansi pemerintah bidang pendidikan, SMP Negeri 1 Mranggen berkomitmen untuk selalu melakukan berbagai upaya agar menghasilkan lulusan yang bermutu, termasuk di dalamnya berkaitan dengan mutu karakter siswa-siswanya.

Mari dukung pelaksanaan kegiatan-kegiatan Spensa demi generasi bermutu untuk masa depan yang lebih maju.

Salam jaya Spensa. (AA)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar