Info Sekolah
Tuesday, 18 Jun 2024
  • Selamat datang di laman web SMP Negeri 1 Mranggen      
  •      

PELEPASAN DAN PENYERAHAN SISWA KELAS IX SPENSA TAHUN 2024 INI: PENUH PENTAS SENI DAN ATRAKSI

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Perayaan lazim disebut selebrasi. Ini adalah kegiatan untuk merayakan suatu pencapaian. Selebrasi patut dilakukan sebagai bentuk apresiasi terutama bagi diri sendiri.

Peserta pelepasan bercengkerama dalam senyum bahagia sebelum mengikuti acara.

Senin, 10 juni 2024, SMP Negeri 1 Mranggen atau Spensa menyelenggarakan acara pelepasan dan penyerahan siswa kelas IX.  Acara ini sekaligus merupakan persembahan terakhir kepada siswa-siswa kelas IX yang akan dilepas dan dikembalikan kepada orang tua atau wali masing-masing dalam beberapa jam ke depan.

Empat penari membuka acara pelepasan.
Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dipandu oleh ketua OSIS.

Acara yang penuh makna ini juga diberikan sebagai wujud pengantaran. Segenap civitas academica Spensa mengantarkan mereka menuju langkah baru berikutnya dalam perjuangan meraih cemerlangnya cita-cita dan masa depan impian.

Pemberian ucapan selamat dan penyerahan SKHU kepada para peserta pelepasan.
Pemberian ucapan selamat dan penyerahan SKHU kepada para peserta pelepasan.

Sebagaimana diketahui, beberapa saat lalu, para siswa kelas IX telah mengikuti kegiatan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang yang merupakan asesmen atau ujian terakhir di tingkat sekolah. Ini berarti, mereka dianggap telah mengikuti dan menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran 3 tahun lamanya. Oleh karena itu, pada hari Senin ini, mereka berhak mengikuti selebrasi ini.

Salah satu pentas seni yang disiapkan dan ditampilkan oleh para peserta pelepasan sendiri.

Acara bahagia untuk siswa kelas IX ini telah sejak lama direncanakan. Berbagai performance disajikan.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan tarian tradisional sebagai pembukaan. Selanjutnya, Plt. kepala SMP Negeri 1 Mranggen, ibu Sri Suratmi, S.Pd., M.Pd. turut memberikan sambutan sekaligus pernyataan selamat dan pelepasan. Oleh beliau, disampaikan bahwa para peserta pelepasan harus siap menapakkan kaki untuk melanjutkan langkah menuju masa depan. Berikutnya, kepala Polsek Mranggen dan Bhabinsa desa Kembangarum turut pula menghadiri acara ini. Pesan-pesan kamtibmas disampaikan.

Grup rebana Spensa turut melantunkan salawat dan menghibur wisudawan.

“Saya ucapkan selamat untuk kalian semua. Selamat berbahagia. Untuk merayakannya, saya himbau kalian tidak melakukan tindakan-tindakan yang membahayakan, seperti konvoi di jalan raya atau semacamnya. Kegiatan seperti ini selain tidak bermanfaat, juga mengganggu masyarakat”, demikian dituturkan oleh kepala Polsek Mranggen dalam pidatonya.  

Para peserta pelepasan berfoto bersama selepas acara.
Para peserta pelepasan berfoto bersama selepas acara.

Berlanjut pada mata acara berikutnya, paduan suara para guru membuka pentas seni. Setelah itu, ada deretan penampilan dari para siswa. Tari, baca puisi, nyanyi dan atraksi pencak silat turut meramaikan. Drama musikal legendaris bertajuk Roro Jonggrang disuguhkan dengan begitu manis.  Rangkaian pentas seni diikuti dengan mata acara utama, yakni pemberian ucapan selamat dan penyerahan Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) kepada seluruh peserta pelepasan.

Acara pelepasan dan penyerahan siswa merupakan rangkaian acara untuk siswa dan orang tua atau walinya. Penyelenggaraannya bersamaan dengan penyerahan pengumuman kelulusan. Siang hari merupakan acara pelepasan atau penyerahan siswa kembali kepada orang tua atau walinya.

Polsek Mranggen berkunjung ke Spensa sekaligus mengawal acara.

Oleh Plt. kepala SMP Negeri 1 Mranggen, disampaikan bahwa setelah menerima Surat Keterangan Lulus (SKL), kegiatan belajar siswa kembali menjadi tanggung jawab wali atau orang tua. Namun demikian, beliau juga menghimbau agar orang tua turut memberikan dukungan agar putra dan putri masing-masing melanjutkan pendidikannya ke jenjang berikutnya. Adapun sebagai balasannya, seorang wakil orang tua siswa menyampaikan pernyataan penerimaan kembali putra mereka.

Wakil orang tua siswa menyampaikan salam pamit dan menerima kembali putranya.

Dalam acara pelepasan dan penyerahan siswa sesi 2 ini, diumumkan pula 3 (tiga) nama peraih juara paralel dari semua wisudawan. Mereka adalah Elvina Octa riani dari kelas IX A sebagai peraih juara I, Aira Cindy Margaretha dan Hisyam Rizquna Sutiyono dari kelas IX B sebagai peraih juara II dan juara III. Kepada ketiga orang tua atau wali mereka, dibagikan penghargaan. Ini merupakan bentuk apresiasi kepada para siswa yang berprestasi. Rasa bahagia dan bangga tampak dari senyuman mereka.

Para orang tua siswa berprestasi menerima penghargaan dari ketua komite dan Plt. kepala SMP Negeri 1 Mranggen.

Nah, ini dia liputan tentang pelepasan dan penyerahan siswa kelas IX tahun pelajaran 2023/2024 SMP Negeri 1 Mranggen atau Spensa.

Selamat jalan, Anak-anak tercinta. Doa terindah menyertai langkah kalian.

Salam bahagia. Salam jaya Spensa. (AA)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar