Info Sekolah
Tuesday, 18 Jun 2024
  • Selamat datang di laman web SMP Negeri 1 Mranggen      
  •      

LDK SPENSA DI BARAK TENTARA

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Mewujudkan generasi unggul adalah salah satu visi Spensa. Mewujudkan Insan yang Beriman, Bertakwa, Berbudi Pekerti Luhur, Unggul dalam Prestasi dan Berwawasan Lingkungan. Demikian visi SMP Negeri 1 Mranggen atau Spensa. Untuk mewujudkan visi ini, berbagai kegiatan diagendakan. Termasuk di antaranya adalah LDK yang belum lama ini diselenggarakan.

Dipandu tentara, para anggota OSIS Spensa mengikuti LDK.
Pelatih dari kodim memberikan materi LDK.

LDK merupakan singkatan latihan dasar kepemimpinan. Ini adalah sebuah kegiatan yang dikemas dalam bentuk latihan blok. Di dalamnya, para peserta digembleng agar memiliki jiwa kepemimpinan (leadership) yang kuat. Pada tanggal 22 dan 23 November 2022 lalu, kegiatan LDK Spensa ini telah diselenggarakan.

Makan bersama sebagai bagian diksar.
Serunya team work dalam LDK.

Agar lebih menjiwai dan berfokus pada latihan, kegiatan disentralkan di barak tentara. Kolat Rindam IV/Diponegoro namanya. Ini adalah tempat yang biasa digunakan untuk kegiatan diksar dan sejenisnya. Sekolah dan perguruan tinggi, organisasi masyarakat, pecinta alam, perkumpulan beladiri, dan lain-lain sering memanfaatkan tempat ini.

Antusiasme peserta LDK menambah keseruan.
Outbond untuk melatihkan keberanian.

Para peserta LDK dari rombongan Spensa adalah sejumlah 37 siswa. Mereka adalah pengurus OSIS yang baru saja dilantik. Separuhnya merupakan pengurus OSIS yang telah selesai masa bakti. Selain itu, mereka juga ditemani oleh 7 guru pendamping yang diketuai oleh pembimbing OSIS Spensa, Hastomo Wibowo, S.Pd.

Yang ini, bermain outbond sambil membayangkan menjadi balerina.

Berbagai materi dilatihkan dalam kegiatan ini. Sama dengan kegiatan serupa yang selama ini diadakan, Spensa mengisi LDK dengan materi kepemimpinan (leadership), manajemen organisasi, kerja sama (team work), peraturan baris berbaris, pendidikan keagamaan, pemecahan masalah (problem solving), outbond dan beberapa materi lainnya.

Peserta LDK menikmati kebersamaan dalam makan di dalam barak.

LDK merupakan kegiatan yang sangat penting. Kegiatan ini diprogramkan secara rutin setiap tahunnya. Para pengurus OSIS yang baru saja dilantik maupun yang telah selesai masa bakti adalah sasarannya. Adapun memberikan bekal agar mereka menjadi pribadi yang unggul dan kompeten dalam berorganisasi adalah tujuan utamanya.

Ibadah bersama sekaligus mengikuti kegiatan keagamaan.
Ibadah bersama dan materi keagamaan kristen didampingi oleh pdt. Januar pribadi S.Th., M.Th.

Dengan menyelenggarakan LDK, usaha untuk mewujudkan visi yang dicita-citakan Spensa telah terlaksana. Berikutnya, mereka akan terus dibina melalui pelibatan dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan di sekolah.

Lahirnya pemimpin yang mahir dan munculnya generasi unggul merupakan harapan Spensa. Mari dukung bersama dengan terus memberikan semangat dan doa agar Spensa terus melaju dan makin bermutu. Salam jaya Spensa. (AA)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar