Info Sekolah
Tuesday, 18 Jun 2024
  • Selamat datang di laman web SMP Negeri 1 Mranggen      
  •      

HARI PRAMUKA, SPENSA PERTEGUH TRI SATYA DAN DASA DARMA

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Pramuka merupakan kependekan dari Praja Muda Karana. Artinya, anak muda yang suka berkarya. Pramuka mulai diperkenalkan di Indonesia pada 14 Agustus 1961.

Apel peringatan Hari pramuka nasional di lapangan basket Spensa.

Gerakan Pramuka yang dalam bahasa Inggris disebut scout, merupakan sebuah gerakan yang digawangi oleh Robert Stephenson Smyth Baden Powell. Beliau adalah seorang letnan jenderal tentara kerajaan Inggris pada masanya. Pramuka merupakan sebuah gerakan yang digagas oleh beliau dengan sebuah misi yang sangat mulia.

Lord Baden Powell, pendiri gerakan Pramuka.

Pada masa muda Powell, keadaan sosial masyarakat Inggris sangat memprihatinkan. Mereka sangat tidak memedulikan karakter pribadi dan dampaknya dalam masyarakat. Berdasar pada kondisi tersebut, tebersitlah dalam pemikiran beliau untuk melakukan tindakan demi mengatasi masalah itu. Tujuannya adalah membentengi para remaja agar terhindar dari dampak negatif pergaulan yang merugikan.

Barisan anggota Pramuka penggalang Spensa mengikuti apel peringatan Hari Pramuka.

Dalam gerakan pramuka tersebut, para remaja diajak dan diajarkan menjadi pribadi yang berperilaku positif dengan meningkatkan aktivitas, mengembangkan kreativitas serta mengasah kepekaan dan kepedulian sosial. Hasilnya, setelah itu, lahirlah pemuda-pemuda yang memiliki karakter yang jauh berbeda daripada sebelumnya. Berikutnya, atas jasanya, Powell menerima gelar kebangsawanan Lord dari kerajaan Inggris. Jadilah hingga saat ini, beliau dipanggil Lord Baden Powell.

Barisan anggota Pramuka penggalang Spensa mengikuti apel peringatan Hari Pramuka.

Apel peringatan hari Pramuka di SMP Negeri 1 Mranggen digelar pada 14 Agustus 2023. Apel ini dihadiri para anggota pramuka penggalang yang saat ini duduk di kelas VII sejumlah sekitar 324 orang. Sementara itu, beberapa anggota Pramuka pengalang lainnya mengikuti upacara Hari Pramuka di lapangan desa Mranggen pada Jambore Kwarran Mranggen.

Para guru turut menghadiri apel peringatan Hari Pramuka.
Kamabigus SMP Negeri 1 Mranggen menyampaikan pembinaan apel.

Pada acara yang penting tersebut, plt kepala SMP Negeri 1 Mranggen sekaligus kamabigus, Sri Suratmi, S.Pd., M.Pd. menyampaikan pembinaannya. Sebagai pembina apel, beliau menyampaikan bahwa anggota pramuka penggalang Spensa haruslah memperteguh janji atau komitmennya yang tercantum dalam Tri Satya dan kemudian mereka melaksanakan Dasa Darma Pramuka. Para anggota Pramuka penggalang siswa juga harus meningkatkan kualitas diri sesuai dengan isi Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka agar mereka dapat lolos menjadi Pramuka Garuda Kwarcab Demak.

Peserta apel menyimak pembinaan yang disampaikan pembina apel.

Pramuka adalah gerakan yang memberi efek positif. Para anggota yang sekaligus siswa SMP Negeri 1 Mranggen diharapkan menjadi persona yang berkualitas sebagaimana dijabarkan dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Hal ini sejalan pula dengan visi dan misi SMP Negeri 1 Mranggen untuk terus maju dan makin bermutu.

Mari terus tingkatkan semangat untuk membina generasi masa depan yang giat, bermanfaat, hebat dan kuat! Salam semangat. Salam jaya Spensa. (AA)

Artikel ini memiliki

4 Komentar

Noer Indah A
Tuesday, 15 Aug 2023

Salam Pramuka

Reply
    Admin SMPN 1 Mranggen
    Friday, 18 Aug 2023

    Salam. Terima kasih.

    Reply
Wednesday, 1 Nov 2023

Salam pramuka dari SMP IT Rojaul Huda Bandung Barat. Dasadarma pramuka menggambarkan pentingnya nilai-nilai dasar dalam pembentukan karakter Pramuka Indonesia, yang diharapkan juga dapat memengaruhi individu dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Reply
    Admin SMPN 1 Mranggen
    Thursday, 2 Nov 2023

    Salam kembali dari SMP Negeri 1 Mranggen.
    Mungkin kita dapat berkolaborasi pada masa mendatang.

    Reply

Beri Komentar