Sekolah adiwiyata adalah sekolah yang  peduli dan berbudaya lingkungan. Sekolah adiwiyata  merupakan sarana yang tepat dan ideal untuk mewujudkan tanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (PPLH). Sekolah merupakan tempat memperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma, serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup dalam menuju cita-cita pembangunan berkelanjutan.

          Untuk mewujudkan SMP Negeri 1 Mranggen sebagai sekolah adiwiyata, setiap warga sekolah secara aktif harus ikut terlibat dalam berbagai kegiatan yang mendukung terciptanya lingkungan bersih dan sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif. Hal ini sejalan dengan visi SMP Negeri 1 Mranggen, yaitu “Mewujudkan insan yang beriman, bertakwa, berbudi pekerti luhur, unggul dalam prestasi, dan berwawasan lingkungan”Salah satu kegiatan pengembangan lingkungan hidup yang telah dilaksanakan yaitu melalui program Green House.

          Green house  disebut juga rumah hijau  atau  rumah tanaman. Green house  adalah sebuah  bangunan di mana tanaman dibudidayakan. Secara umum green house dapat didefinisikan sebagai bangun konstruksi dengan atap tembus cahaya. Pada prinsipnya green house adalah sebuah bangunan yang terdiri atau terbuat dari bahan kaca atau plastik yang sangat tebal dan menutup di seluruh permukaan bangunan, baik atap maupun dindingnya. Salah satu fungsi green house adalah untuk memanipulasi kondisi lingkungan agar tanaman di dalamnya dapat berkembang optimal. Manipulasi lingkungan ini dilakukan dalam dua hal, yaitu menghindari kondisi lingkungan yang tidak dikehendaki dan memunculkan kondisi lingkungan yang dikehendaki.

          SMP Negeri 1 Mranggen memiliki sebuah green house yang diberi nama Green House Ganesha. Green House Ganesha ini terletak di halaman sekolah bagian utara. Selain digunakan sebagai sarana pembibitan dan budidaya tanaman, Green House Ganesha juga digunakan sebagai media dan sumber belajar dalam pembelajaran IPA. Koleksi tanaman yang dimiliki Green House Ganesha di antaranya yaitu berbagai jenis kaktus, sirih-sirihan, lidah buaya, cocor bebek, serta beberapa jenis tanaman bunga misalnya kamboja, bunga pukul sepuluh, dan lain-lain. Walaupun saat ini kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Mranggen dilakukan dengan jarak jauh atau melalui sistem online, namun kegiatan perawatan dan pemanfaatan green house tetap dilaksanakan semaksimal mungkin. Kegiatan penyiraman tanaman yang ada di dalam green house dilakukan setiap hari, kegiatan pembibitan dilakukan setiap bulan, sedangkan kegiatan pemindahan tanaman dari green house ke taman-taman depan kelas ataupun taman sekolah lainnya dilakukan setiap 2-3 bulan sekali. Dengan partisipasi aktif semua warga sekolah, diharapkan program green house di SMP Negeri 1 Mranggen dapat terlaksana secara konsisten dan semakin berkualitas. (EndCipt)

4 Thoughts to “Green House Ganesha, Perwujudan Dukungan terhadap Program Adiwiyata”

  1. Ronald

    Semangat selalu Bu ety dan Bu endah cipta

    1. Admin SMPN 1 Mranggen

      Terima kasih. Ucapan Anda akan disampaikan kepada beliau berdua. Salam Spensa.

  2. Dyas

    Semangat Bapak Ibu guru, mari berbenah untuk ujudkan Adiwiyata SMP N 1 Mranggen ke tingkat nasional

    1. Admin SMPN 1 Mranggen

      Spensa jaya. Salam adiwiyata.

Leave a Comment