Spensa lagi-lagi juara. Ini biasa. Spensa memang biasa luar biasa. Pada kesempatan ini, piala dibawa pulang oleh para Garuda Spensa.

Sebagai salah satu kwarran di wilayah Demak, Spensa mengirimkan para garudanya untuk mengikuti kompetisi Pramuka Garuda berprestasi tingkat kwarcab Demak tahun 2021. Moh Deni Kiswanto dan Berliana Elok Bhanuwati adalah dutanya. Mereka berdua dikirim sebagai delegasi pangkalan SMP Negeri 1 Mranggen alias Spensa.

Menjadi kompetitor dalam event ini tidaklah mudah. Perjuangan keras harus dilalui. Sesi latihan di pangkalan sebelum berlangsungnya kompetisi menghabiskan waktu yang sangat banyak. Demikian pula dengan tenaga dan pikiran yang harus benar dicurahkan. Berikutnya, sesi seleksi wajib diikuti. Setelah melalui serangkaian penilaian yang rumit dan melelahkan, akhirnya Garuda Spensa berhasil mengalahkan Garuda dari kwarran lainnya. Dengan demikian, secara otomatis Garuda Spensa pulang dengan predikat sebagai juara. Bersama dua pelatih mereka, yakni kak Veronika Nining Purwaningsih dan kak Dwi Setyo Haryono, sang juara membawa pulang piala.

Seleksi Pramuka Garuda Berprestasi kwarcab Demak 2021 ini digelar pada 26 November lalu. Event bergengsi tahunan ini dihelat di sanggar Pramuka kwarcab Demak. Pangkalan yang dimiliki kwarcab Demak ini dikenal sangat representatif untuk digunakan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan-kegiatan kepramukaan. Adapun penyelenggaraan Seleksi Pramuka Garuda ini terasa sangat eksklusif karena hanya diikuti oleh peserta dalam jumlah yang sangat terbatas.

Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan pramuka. Di Spensa, Pramuka Garuda berada pada posisi penggalang. Ini adalah sesuatu yang istimewa, mengingat tidak semua sekolah memiliki Pramuka Garuda. Adapun di wilayah Mranggen, Spensa adalah satu-satunya SMP yang memilikinya.

Mengenai prestasi, Spensa akan terus mengabarkannya. Spensa masih mempersiapkan diri untuk mengikuti berbagai kompetisi lainnya lagi. Sampai jumpa. Salam jaya Spensa. (AA)

Leave a Comment