Info Sekolah
Tuesday, 18 Jun 2024
  • Selamat datang di laman web SMP Negeri 1 Mranggen      
  •      

ADA BERBAGAI ATRAKSI DAN PENSI INI DI MPLS-NYA SPENSA

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Kalau kita memulai aktivitas dengan sesuatu yang istimewa, pasti langkah berikutnya akan istimewa pula. Mood akan meningkat. Mengerjakan langkah-langkah berikutnya dengan penuh semangat. Bahkan, hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan cepat dan tepat. Nah, itu dia, salah satu alur pemikiran positif yang dipegang oleh SMP Negeri 1 Mranggen alias Spensa.

Pengibaran bendera Merah Putih oleh siswa baru pada pembukaan MPLS Spensa.
Upacara pembukaan MPLS turut dihadiri siswa kelas VIII dan IX Spensa.

Ya, Spensa dengan tim MPLS-nya yang solid berhasil menyelenggarakan MPLS yang asyik dan benar-benar ciamik nih, tahun ini. Tahun pelajaran baru 2023/2024 yang baru saja dimulai telah diawali dengan kegiatan MPLS yang seru plus ceria dan pastinya bermutu untuk siswa-siswa baru.

Penyematan tanda peserta MPLS oleh plt. kepala SMP Negeri 1 Mranggen, ibu Sri Suratmi, S.Pd., M.Pd.

MPLS merupakan singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Ini merupakan masa bagi para siswa yang baru saja bergabung sebagai peserta didik kelas VII untuk mengenali lingkungan Spensa sebagai tempat belajar mereka selama tiga tahun ke depan. Semua sudut sekolah diperkenalkan. Ruang-ruang, guru dan karyawan, tata tertib dan tentunya berbagai program kegiatan.

Pemaparan materi MPLS oleh ketua panitia, Bustamil Arifin, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan MPLS yang dibuka oleh plt. kepala SMP Negeri 1 Mranggen, ibu Sri suratmi, S.Pd., M.Pd. ini diawali dengan penyematan tanda peserta MPLS kepada dua wakil peserta serta. Dalam upacara yang penuh sahaja, sambutan dan pesan diberikan agar para siswa baru mengikuti secara penuh rangkaian kegiatan yang telah disiapkan.

Auditorium Spensa menjadi salah satu tempat penyelenggaraan MPLS.
Siswa baru unjuk kebolehan dalam pentas seni.

Masa orientasi siswa baru yang digelar pada tanggal 17 hingga 20 Juli lalu telah benar-benar memberikan kesan. Di Spensa, MPLS diisi dengan rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan berbagai bidang. Ada pengenalan lingkungan sekolah dan tata tertib, tentunya. Ada pengenalan adiwiyata. Ada penanaman motivasi belajar. Ada bimbingan konseling. Ada pembiasaan kegiatan religi. Ada pembelajaran berbagi dengan berdonasi. Ada pengenalan Kurikulum Merdeka. Nah, berikutnya, yang paling seru adalah penampilan dari berbagai kegiatan ekstrakurikuler serta performansi pentas seni.

Ini siswa baru, lho. Mereka sedang apa, ya? Ayo tebak!
Nah, yang ini penampilan gerak jalannya tim Garuda Spensa yang baru saja memborong dan membawa pulang piala juara. Terlihat sangat solid, kan.

Kepada siswa-siswa baru, dipertunjukkan berbagai atraksi. Mereka menyaksikan kakak-kakak kelas mereka yang telah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan penuh antusias. Makin siang, sorak semangat makin seru tanpa ragu. Ada penampilan pencak silat yang memikat. Ada performansi tari yang menawan hati. Ada Pramuka Garuda yang memesona. Ada pula gerak kompak tim Paskibraka yang selalu siap membawa bendera pusaka.

Performansi tarinya memikat hati. ya, kan?
Wuih, gesitnya peragaan pencak silat bikin terpikat.

Berbagai performansi yang ditampilkan bukan sekedar ajang unjuk gigi. Tujuan utamanya adalah agar para siswa baru termotivasi untuk memilih dan bergabung dalam kegiatan ekstarkurikuler yang ada.  Pastinya, misinya adalah agar siswa mengikuti berbagai kegiatan untuk mengembangkan diri.

Lagu religi dari tim rebananya top markotop.
Paskibraka Spensa bikin kita ikut merasa bangga, ya, kan.
Plt. kepala sekolah memberikan apresiasi untuk juara pentas seni

Nah, inilah reportase Spensa tentang kegiatan MPLS yang baru saja berakhir. Sampai jumpa lagi dalam reportase berikutnya.

Spensa terus melaju, makin bermutu.

Salam jaya Spensa. (AA)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar