SMP Negeri 1 Mranggen merupakan alih fungsi dari “SMP PEMDA ” (Pemerintah Daerah). Sekolah ini berdiri sejak tahun 1962/1963 di bawah asuhan bapak Sumarsono sebagai kepala sekolah. Saat itu, lokasi yang digunakan adalah SD Negeri 01 Mranggen yang berjumlah 2 kelas.

Kegiatan belajar mengajar di SMP ini mengalami beberapa kali perpindahan tempat. Perpindahan itu dimulai pada tahun 1970 dari SD Negeri 01 Mranggen pindah tempat di Gedung Rakyat yang saat ini merupakan balai desa Mranggen yang terletak di Jl. Rayung Kusuman Mranggen di sebelah kantor kecamatan lama. Pada saat itu jumlah kelas yang ada sebanyak 6 kelas, yakni kelas 1, 2, dan 3 dan masing-masing terdiri atas 2 kelas.

Pada tahun 1974-1976 di bawah asuhan Bapak Afif Arifin, BA, kegiatan belajar mengajar SMP PEMDA ini berpindah lagi ke desa Bandungrejo, tepatnya yang sekarang ditempati “SMK BAKTI NUSANTARA“

Berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Jakarta nomor 0229/0/1978 tentang Penegerian Sekolah, tertanggal 15 September 1978, dengan kepala sekolah G. Muhadi, BA, “SMP PEMDA” berubah nama menjadi SMP Negeri 01 Mranggen. Lokasi penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di jalan Kembangarum Mranggen-Demak.

SMP Negeri 1 Mranggen merupakan salah satu sekolah unggulan yang ada di kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah. Sekolah yang beralamat di jalan raya Kembangarum-Mranggen Kecamatan Mranggen ini memiliki lokasi yang strategis. Dari jalan utama, masuk kurang lebih 5 meter, sehingga situasinya sangat nyaman dan asri. Sangat kondusif untuk kegiatan belajar mengajar.

Dalam rangka meningkatkan kualitas program dan kegiatan belajar mengajar, sekaligus untuk mendukung implementasi kurikulum KTSP dan pembekalan Lifeskill, secara periodik SMP Negeri 1 Mranggen melakukan berbagai pelatihan. Kegiatan ini ditujukan kepada guru maupun siswa. Pelatihan-pelatihan di SMP Negeri 1 Mranggen tersebut di antaranya Pelatihan Peningkatan Kualitas Rencana dan Program Pembelajaran (RPP) dalam usaha meningkatkan mutu akademik dan nonakademik dan meningkatkan efektifitas proses pembelajaran; Pelatihan Peningkatan Kegiatan Praktikum, Pelaksanaan tambahan jam pelajaran bagi siswa. Semua program pelatihan tersebut tertuang dalam Rencana Program dan Peningkatan Mutu SMP Negeri 1 Mranggen yang merupakan penjabaran visi, misi, dan tujuan SMP Negeri 1 Mranggen yaitu berkembang menjadi sekolah Unggulan Kabupaten, SMP Standar Nasional, dan SMP Pilot Proyek Peningkatan Mutu (Sekolah Model) yang pada akhirnya, membuat SMP Negeri 1 Mranggen dipercaya sebagai pelaksana Sekolah Standar nasional (SSN) dengan kinerja terbaik pada tahun 2007.

SMP Negeri 1 Mranggen sebagai salah satu sekolah favorit di kabupaten Demak menunjukkan kesiapan dalam menjalankan kepercayaan tersebut dengan mampu mewujudkan 8 SNP (Standar Nasional Pendidikan) sebagai amanat PP No.19 /2005. SMP Negeri 1 Mranggen sangat konsen terhadap peningkatan kualitas SDM dan pelayanan sehingga selanjutnya mengalami peningkatan status sekolah dari Sekolah Standar Nasional (SSN) menjadi rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).

“GO SEKOLAH BERBASIS OLAH RAGA”

Untuk Meningkatkan Mutu sekolah SMP Negari 1 Mranggen telah merencanakan pengembangan sekolah di bidang non akademis yaitu sebagai sekolah berbasis olah raga. Sekolah Olah raga adalah sekolah yang mempunyai 1 kelas khusus yang di dalamnya berisi anak-anak yang berbakat dan mempunyai bakat dalam bidang olah raga, yaitu di cabang atletik (cabang wajib), voli dan bola basket sebagai cabang pilihannya.

Upaya meningkatkan status sekolah dari SSN menjadi sekolah berbasis olah raga telah sejak awal dicanangkan dan menjadi obsesi SMP Negeri 1 Mranggen. Perencanaan ini dilakukan mengingat prestasi sekolah dibidang ini sangat unggul. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya prestasi Olahraga baik skala kabupaten maupun provinsi di beberapa cabang olah raga. Melihat banyaknya prestasi tersebut maka pemerintah kabupaten Demak telah menunjuk SMP N 1 Mranggen sebagai wakil sekolah berbasis olah raga, dan untuk sampai ke tingkat nasional masih dalam proses penggodogan.

 

 

DAFTAR KEPALA SEKOLAH SMP NEGERI 1 MRANGGEN

  1. G. Muhadi, B.A.                                                   1979-1983
  2. Karnoto, B.A.                                                       1983-1987
  3. Hartono, B. Sc.                                                    1989-1992
  4. Kisworo, B.A.                                                       1993-1998
  5. Drs.Subiyono                                                       1998-2004
  6. Dra. Kismiyati, M.Pd.                                           2004-2007
  7. Dr. Rr. Noer Indah Aprianti, M.Pd.                       2007-2020
  8. Dyah Purwani Setyaningsih, S.Pd., M.Pd.           2020
  9. Dra. Sri Tutik Cahyaningsih, M.Pd.                      2020