ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PENGGANTI UN

  • Mengacu pada praktik baik standar internasional TIMSS dan PISA.
  • Memotret kinerja SEKOLAH.
  • Model Computer Adaptive Test (CAT) bukan Computer Based Test (CBT).
  • Gradasi soal sangat bervariasi.

Tujuan AKM

Menghasilkan informasi yang memicu perbaikan kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar murid.

  • Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia serta untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
  • Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia.

 

KOMPONEN AKM – KONTEN1. Literasi Membaca

  • Teks informasi, teks yang bertujuan untuk memberikan fakta, data, dan informasi dalam rangka pengembangan wawasan serta ilmu pengetahuan yang bersifat ilmiah.
  • Teks fiksi, teks yang bertujuan untuk memberikan pengalaman mendapatkan hiburan, menikmati cerita, dan melakukan perenungan kepada pembaca.
  • Teks informasi, teks yang bertujuan untuk memberikan fakta, data, dan informasi dalam rangka pengembangan wawasan serta ilmu pengetahuan yang bersifat ilmiah.
  • Teks fiksi, teks yang bertujuan untuk memberikan pengalaman mendapatkan hiburan, menikmati cerita, dan melakukan perenungan kepada pembaca.

2. Numerasi

  • Bilangan, meliputi representasi, sifat urutan, dan operasi beragam jenis bilangan (cacah, bulat, pecahan, desimal).
  • Pengukuran dan geometri, meliputi mengenal bangun datar hingga menggunakan volume dan luas permukaan dalam kehidupan sehari-hari. Juga menilai pemahaman peserta didik tentang pengukuran panjang, berat, waktu, volume dan debit, serta satuan luas menggunakan satuan baku.
  • Data dan ketidakpastian, meliputi pemahaman, interpretasi serta penyajian data maupun peluang.
  • Aljabar, meliputi persamaan dan pertidaksamaan, relasi dan fungsi (termasuk pola bilangan), serta rasio dan proporsi.

KOMPONEN AKM – PROSES KOGNITIF

1.Literasi Membaca

  • Menemukan informasi, mencari, mengakses serta menemukan informasi tersurat dari wacana.
  • Interpretasi dan integrasi, memahami informasi tersurat maupun tersirat, memadukan interpretasi antar bagian teks untuk menghasilkan inferensi.
  • Evaluasi dan refleksi, menilai kredibilitas, kesesuaian maupun keterpercayaan teks serta mampu mengaitkan isi teks dengan hal lain di luar teks.

2. Numerasi

  • Pemahaman, memahami fakta, prosedur serta alat matematika.
  • Penerapan, mampu menerapkan konsep matematika dalam situasi nyata yang bersifat rutin.
  • Penalaran, bernalar dengan konsep matematika untuk menyelesaikan masalah bersifat non rutin.

PELAKSANAAN AKM

  • Jenjang SMP/MTs, SMA/MA, SMK Akhir Maret 2021