POPDA baru saja selesai dihelat. Gema kemeriahannya lunas membayar derasnya kucuran keringat. Pekan lomba olahraga tahunan yang digawangi pemerintah daerah kabupaten Demak ini sukses digelar. Selama sepekan, mulai 15 hingga 21 September 2021, POPDA berhasil ‘dimerahkan’ oleh api semangat yang berkobar.

Spensa tentu saja tidak mau ketinggalan. Sebagai instansi pendidikan dengan ‘predikat’ sekolah olahraga, Spensa tidak akan membiarkan moment berharga ini terlewatkan. Dengan sigap, Spensa berjibaku dan mengejar waktu untuk mempersiapkan.

Ialah Bustamil Arifin, S.Pd., M.Pd, guru olahraga sekaligus wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMP Negeri 1 Mranggen dengan didampingi Siswanto, S.Pd. dan Khoerul Anwar, S.Pd., yang sukses menyuguhkan anak-anak asuh berbakatnya dalam pekan olahraga yang diselenggarakan setahun sekali ini. Para official yang setia menjadi pendamping dalam setiap nomor yang diperlombakan ini sebelumnya telah mengibaskan tangan dinginnya agar anak-anak asuhnya siap bertanding dan mengambil urutan depan pada tiap lini. Hasilnya, tidak diragukan lagi. Piala dan medali diborong Spensa lagi.

Pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah kabupaten Demak 2021 ini, para pendekar Spensa diterjunkan.  Mereka telah digembleng untuk memenangkan nomor-nomor yang dipertandingkan. Tiga dari lima cabang pertandingan berhasil dijajah para pendekar Spensa. Atletik, bulu tangkis dan sepak takraw. Adapun dua cabang lainnya, yakni pentaque dan karate tidak diikuti oleh Spensa karena belum adanya atlet yang siap ditandingkan.

Hasilnya, luar biasa. Spensa, kembali pulang dengan borongan medali dan piala. Empat medali dari cabang atletik berhasil direbut Spensa. Selain itu, dua medali dari nomor bulutangkis putra dan putri juga berhasil disita. Ditambah lagi dua medali dari nomor sepak takraw putri dan putra, makin gemilanglah nama Spensa.

Saat ini, Spensa patut berbangga. Meski medali dan piala belum dihadiahkan, rasa bahagia sudah memenuhi perasaan. Kerja keras selama masa penggemblengan membuahkan hasil yang sangat membanggakan. Ini semua tentu saja tak luput dari kontribusi banyak persona.

“Kami menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada SMA 2 Mranggen, SD Negeri 4 Semarang dan ketua RT 1 RW 8 Plamongan Indah berkaitan dengan penyediaan lapangan sebagai tempat latihan. Kontribusi mereka membuka lebar peluang kemenangan bagi Spensa”, demikian disampaikan Bustamil Arifin, S.Pd., M.Pd. pada saat kembali dari gelanggang.

POPDA kabupaten Demak 2021 yang menggunakan lapangan Cabean, GOR Cabean dan GOR KONI sebagai gelanggangnya ini memang luar biasa. Terutama bagi Spensa, ini merupakan momen kebangkitan setelah rehat beberapa saat. Spensa bisa kembali memamerkan  piala dan medali setelah mengalami hibernasi karena pandemi.

Spensa selalu juara. Bagaimana dengan pertandingan berikutnya? Kita tunggu saja.(AA)

Leave a Comment