Prasarana dan sarana sekolah merupakan salah satu penunjang utama keberhasilan proses pendidikan. Untuk itu, peningkatan sarana pendidikan perlu diupayakan. Sesuai dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2003, pemerintah mengamanatkan bahwa layanan, kemudahan, dan jaminan terselenggaranya pendidikan bermutu wajib diberikan kepada masyarakat.

Menyadari betul akan pentingnya peningkatan sarana pendidikan, mulai akhir Oktober 2020 ini, SMP Negeri 1 Mranggen membangun tiga ruang kelas baru. Dua ruang dibangun di lokasi bagian timur, berdekatan dengan lapangan voli. Satu ruang di bagian barat, berdekatan dengan ruang perpustakaan. Pembangunan ruang kelas baru ini merupakan upaya pemenuhan standar prasarana pendidikan sesuai dengan standar pendidikan nasional.

Proses pengerjaan ruang kelas baru direncanakan berlangsung selama 60 hari kerja. Ini berarti ruang kelas baru akan rampung sekitar bulan Desember. Ini berarti, jika tidak ada halangan, ruang kelas baru akan dapat dipergunakan pada awal semester baru pertengahan tahun pelajaran 2020-2021 ini.

Pembangunan ruang kelas baru (RKB) yang saat ini masih berlangsung didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) kabupaten Demak. Pembangunan ini diawali dengan penandatanganan perjanjian pemberian DAK fisik bidang pendidikan bidang SMP tahun 2020 antara pejabat pembuat komitmen (PPK) Dinas Pendidikan kabupaten Demak, Ridwan, ST., MM. dan plt. kepala SMP Negeri 1 Mranggen, Dra. Sri Tutik Cahyaningsih, M.Pd. pada 19 Agustus 2020 lalu.

Dengan ditingkatkannya sarana pendidikan SMP Negeri 1 Mranggen, diharapkan mutu pendidikan pun mengalami peningkatan berbanding lurus. Demikian harapan semua civitas academica SMP Negeri 1 Mranggen. (AA)

Leave a Comment