Siapa, sih, yang tidak ingin punya fasilitas lengkap? Pasti semua orang mau. Dalam segala hal, kelengkapan fasilitas adalah idaman semua orang. Demikian juga dengan siswa Spensa. Mereka pun sama. Mereka sangat menginginkan fasilitas lengkap. Utamanya, dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

SMP Negeri 1 Mranggen atau yang lebih akrab disebut Spensa adalah sekolah dengan jutaan harapan. Namanya yang dikenal masyarakat luas sebagai salah satu sekolah berprestasi membuatnya menjadi sorotan. Stasiun televisi sering kali menjadikannya sebagai sasaran liputan. Demikian pula dengan para pejabat yang gemar menyambangi Spensa untuk melakukan kunjungan. Liputan dan kunjungan ini tak lain berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. Termasuk pula dengan fasilitas yang dimiliki dan digunakan.

Sebagaimana dibahas dalam musyawarah bersama wali siswa beberapa saat yang lalu, disampaikan oleh para anggota komite sekolah bahwa sumbangan kelulusan siswa kelas IX yang menyelesaikan pendidikan pada tahun ajaran 2020/2021, salah satunya akan diwujudkan dalam bentuk televisi android. Perangkat elektronik ini direncanakan digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan presentasi secara massal. Saat ini, rencana yang disepakati bersama tersebut telah terealisasikan. Pembelian televisi android sudah dilaksanakan.

Sejumlah dua unit televisi android berukuran 70 inchi sekarang ini sudah terpasang. Aula dan ruang guru dipilih sebagai lokasi strategis pemasangan televisi android berukuran besar ini. Hal ini dilakukan mengingat dua tempat itu selalu digunakan dalam kegiatan presentasi, baik yang disajikan kepada siswa, guru maupun tamu yang berjumlah banyak.

Televisi android adalah televisi berteknologi tinggi. Pada masa kini, televisi ini sudah jamak digunakan di berbagai tempat. Kelebihan yang dimiliki televisi jenis ini adalah terdapat banyak slot yang memungkinkan untuk dapat terhubung dengan laptop komputer, USB flashdisc dan perangkat elektronik lainnya. Selain itu, yang pasti, televisi ini juga dapat dikoneksikan secara langsung dengan jaringan internet.

Pengadaan televisi android merupakan sebuah upaya untuk dapat memberikan layanan pembelajaran yang lebih maksimal kepada para siswa. Namun demikian, manfaat yang luar biasa juga turut didapatkan oleh warga sekolah lainnya. Di tambah lagi, ini juga merupakan usaha untuk mengikuti perkembangan teknologi. Jangan sampai, siswa-siswa Spensa tidak mengetahui atau bahkan tidak menikmati perkembangan IT yang saat ini sudah sangat canggih.

Ungkapan terima kasih yang sedalam-dalamnya disampaikan kepada para alumnus Spensa tahun 2020/2021 beserta orang tua/walinya. Semoga partisipasi yang sangat berharga ini memberikan manfaat yang sebanyak-banyaknya, terutama bagi para siswa yang saat ini masih menimba ilmu di kampus Spensa.

Salam jaya Spensa.(AA)

Leave a Comment