Rabu, 11 November 2020, SMP Negeri 1 Mranggen menyelenggarakan sosialisasi Asesmen Nasional bagi guru dan staff di lingkungan SMP Negeri 1 Mranggen. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut diklat Asesmen Nasional yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Demak akhir Oktober lalu.

“Asesmen Nasional merupakan sistem baru dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, sosialisasi ini merupakan hal yang sangat penting”, demikian sambutan pengawas SMP Negeri 1 Mranggen, Drs. Indarjo, M.H. dalam pembukaan sosialisasi.

Paparan sosialisasi yang disajikan oleh Ali Masyhar, S.Pd., dan Husni Binawati, S.Pd. memuat apa, bagaimana, dan mengapa Asesmen Nasional perlu dilaksanakan. Asesmen Nasional yang terdiri atas Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter Siswa, dan Survei Lingkungan Belajar merupakan sebuah sarana atau alat refleksi sekolah. Dengan dilaksanakannya Asesmen Nasional ini akan diketahui mutu sebuah sekolah. Hasil pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter Siswa, dan Survei Lingkungan Belajar menjadi cermin bagi sekolah yang bersangkutan sekaligus sebagai bahan perbaikan mutu pada masa mendatang. (Amanah Agus)

Leave a Comment