Kinerja merupakan poin sangat krusial yang merupakan gambaran bagaimana suatu instansi berjalan. Kinerja suatu instansi dapat dinilai dengan dilaksanakannya suatu kegiatan evaluasi. Dari hal itu, akan dapat diketahui bagaimana sebuah instansi bekerja dalam kurun waktu tertentu. Bagi sebuah instansi, utamanya lembaga pendidikan atau sekolah, kegiatan evaluasi tersebut dilaksanakan dengan menyelengarakan AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum.

Sebagai sebuah lembaga pendidikan yang berprioritas memberikan layanan kepada masyarakat, SMP Negeri 1 Mranggen turut menyelenggarakan AKM. Selama dua hari, yakni Selasa dan Rabu, 1 dan 2 Desember 2020, SMP Negeri 1 Mranggen menyelenggarakan simulasi AKM. Sebanyak lima siswa kelas VIII diundang ke sekolah untuk mengikuti AKM.

Pada kegiatan yang masih merupakan simulasi atau pelatihan tersebut, diperkenalkan pada soal-soal dengan standar PISA. Selain itu, siswa-siswa juga dilatih bagaimana cara mengerjakan sejumlah soal dengan standar PISA tersebut. Diharapkan, pada kegiatan AKM sesungguhnya yang akan diselenggarakan dalam beberapa waktu ke depan, siswa sudah terbiasa dengan bentuk soal yang telah diperkenalkan tersebut.

Sebagaimana diketahui, soal-soal dengan standar PISA merupakan bentuk soal berstandar internasional. Dengan digunakannya soal berstandar internasional yang sama, berarti soal-soal dengan tingkat kesulitan yang sama dikerjakan oleh siswa di semua lembaga pendidikan. Dengan demikian, tidak ada standar ganda.

Dilakukannya simulasi AKM merupakan sebuah upaya agar pelaksanaan AKM yang sesungguhnya dapat berlangsung dengan lancar. Hal ini merupakan hal penting yang perlu dilakukan untuk menghadapi suatu hal yang bersifat baru. (AA)

Leave a Comment