“Lima puluh persen keberhasilan suatu program adalah pada perencanaannya”.

Pernyataan di atas adalah pernyataan yang biasa tetapi sangat luar biasa. Ya, pernyataan itu biasa terdengar dari beberapa motivator. Biasa saja. Akan tetapi, ternyata pernyataan tersebut merupakan pernyataan yang sangat luar biasa. Dalam kenyataannya, ada proses penting yang harus dilalui untuk sampai pada kesuksesan suatu program. Proses penting itu adalah perencanaan.  

Statement mengenai urgensi sebuah perencaan tersebut disampaikan dra. Sri Tutik Cahyaningsih, M.Pd., selaku plt. Kepala SMP Negeri 1 Mranggen saat ini. Pada Jumat, 23 Juli 2021 lalu, dalam rapat RKAS SMP Negeri 1 Mranggen, pernyataan tersebut dituturkan sebagai pembuka sekaligus pengarahan kepada para peserta rapat penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang diselenggarakan SMP Negeri 1 Mranggen di ruang laboratorium TIK yang baru saja direnovasi. Dalam rapat RKAS tersebut, dituturkan pula bahwa suatu program yang hebat dan berakhir sukses pastilah selalu diawali dengan perencanaan yang hebat pula. Oleh karena itu, proses perencanaan adalah tahap awal program yang wajib dilaksanakan jika kesuksesan sudah ditargetkan.

Proses penyusunan RKAS di SMP Negeri 1 Mranggen saat ini mengalami kemajuan yang sangat berarti. Perencanaan penyusunan RKAS ini diselenggarakan dengan penuh keterbukaan. Persona-persona yang berkaitan langsung dengan penyelenggaraan program sekolah dihadirkan. Kepala sekolah, Para wakil kepala sekolah beserta para para pembantu pimpinan, dan pastinya para bendahara mengikuti kegiatan hingga paripurna. Hadir pula dalam rapat tersebut adalah ketua komite SMP Negeri 1 Mranggen, H. Ahmad Halimi, M.Pd.I. Dengan demikian, musyawarah pun dilakukan dengan persona yang lengkap sehingga akuntabilitas rencana anggaran menjadi sangat terjaga. Selain itu, dalam event tersebut, dilakukan juga musyawarah dalam upaya memecahkan masalah-masalah keuangan yang saat ini dialami dan mengganggu kelancaran program-program sekolah yang sedang berlangsung.

SMP Negeri 1 Mranggen yang merupakan salah satu sekolah ternama di kabupaten Demak, hingga saat ini terus berbenah. Visi dan misi yang dicanangkan terus diupayakan untuk dijalankan. Mewujudkan lembaga pendidikan bermutu tinggi dengan prestasi yang membanggakan negeri.

Salam jaya Spensa.(AA)

Leave a Comment