Kiranya memang tepat jika ungkapan itu diucapkan. Ungkapan tersebut dapat dengan tepat menggambarkan kelegaan hati para panitia PTS Genap yang baru saja digelar pekan lalu. PTS Genap kali ini berlangsung dengan lancar dan minim masalah teknis. Kondisi ini berbeda jika dibandingkan dengan pelaksanaan penilaian yang diselenggarakan sebelumnya. Dengan belajar pada pengalaman penyelenggaraan penilaian sebelumnya, para panitia menerapkan teknis yang diperkirakan dapat meminimalisasi masalah teknis yang biasanya terjadi. Hasilnya, PTS Genap ini berlangsung dengan lancar jaya.

Penilaian Tengah Semester Genap yang diselenggarakan pekan lalu ini diikuti oleh seluruh siswa SMP Negeri 1 Mranggen. Soal-soal dikirim ke grup whatsapp tiap kelas oleh panitia. Selanjutnya, pengerjaan soal-soal dilakukan di rumah masing-masing siswa. Beberapa siswa yang mengalami kendala berkaitan dengan pengerjaan soal-soal dan ketidakpunyaan perangkat (telepon seluler atau lainnya) difasilitasi dengan mengerjakan di laboratorium komputer sekolah dengan dampingan dari panitia.

Saat ini sedang berlangsung PTS susulan bagi beberapa siswa yang masih mengalami kendala. Sebagaimana kegiatan penilaian rutin yang diselenggarakan SMP Negeri 1 Mranggen, waktu pengerjaan PTS susulan selalu disediakan pada pekan berikutnya. Pengalokasian waktu ini merupakan upaya antisipasi karena biasanya ada saja siswa yang tidak bersegera mengerjakan soal pada waktu yang telah dijadwalkan.

Dalam PTS dan PAS yang dilaksanakan secara daring dalam masa pandemi ini, diperlukan teknis yang sederhana agar para siswa dapat dengan mudah mengikutinya. Para panitia telah berupaya memikirkan hal tersebut jauh-jauh hari.

Kini, tinggal beberapa siswa saja yang masih membutuhkan pendampingan. Panitia, guru BK dan wali kelas berjibaku mengupayakan agar para siswa tersebut dapat menyelesaikan PTS dengan sukses.

Salam jaya Spensa.(AA)

Leave a Comment