Kesuksesan merupakan suatu kebanggaan. Semua orang mendambakannya. Pernyataan itu benar adanya dan tidak dapat disangkal oleh siapa pun. Kesuksesan datang dari banyak faktor. Dengan demikian ada banyak peranan yang dibutuhkan untuk dapat meraihnya.

Menyadari betapa benarnya pernyataan tersebut, SMP Negeri 1 Mranggen atau lebih dikenal dengan Spensa mengundang orang tua siswa dalam sosialisasi Ujian Sekolah atau US.  Dalam acara tersebut, disampaikan banyak informasi kepada para orang tua berkaitan dengan proses pelaksanaan Ujian Sekolah di lingkungan SMP Negeri 1 Mranggen yang akan diselenggarakan dalam waktu yang tidak lama lagi, yakni Senin hingga Sabtu, 19 sampai dengan 24 April 2021.

Disampaikan pula oleh Edy Purnomo, M.Pd., selaku wakil kepala SMP Negeri 1 Mranggen bidang kurikulum bahwa pada agenda kelulusan siswa tahun ini, dipersyaratkan diselenggarakannya Ujian Sekolah (US) untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa. Adapun Ujian Nasional saat ini sudah ditiadakan. Ujian sekolah untuk siswa-siswa kelas IX SMP Negeri 1 Mranggen dilaksanakan dalam dua bentuk, yakni Ujian Praktik dan Ujian Tulis. Ujian Praktik khusus untuk mata pelajaran PJOK. Adapun sebelas mata pelajaran lainnya berupa Ujian Tulis.

Acara sosialisasi yang dihelat Kamis, 1 April 2021, di ruang serbaguna SMP Negeri 1 Mranggen tersebut dihadiri oleh hampir semua orang tua yang diundang. Pada sesi pertama, hanya tersisa empat kursi kosong. Adapun pada sesi kedua, tempat duduk yang disediakan justru tidak mencukupi sehingga ditambahkan beberapa kursi lagi.

Oleh panitia, acara sengaja dibagi dalam dua sesi dengan tujuan agar para undangan dapat berada di dalam ruangan dengan tetap menjaga jarak aman mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih membayangi. Setiap sesi dialokasikan waktu selama dua jam. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 WIB dan sesi kedua pukul 10.00 WIB.

Disosialisasikannya prosedur pelaksanaan Ujian Sekolah ini merupakan upaya agar orang tua mengambil peran dalam kesuksesan siswa. Seperti diketahui bersama bahwa peran orang tua begitu penting sehingga tidak dapat dipandang sebelah mata. Peran orang tua merupakan faktor penting yang turut menentukan kelulusan dan kesuksesan siswa. Oleh karena itu, peran orang tua betul-betul sangat diharapkan.

Mari bersama-sama sukseskan Ujian Sekolah. Apapun hasil atau capaian yang diraih siswa sesungguhnya merupakan cermin sekolah dan orang tua.

Salam jaya Spensa.(AA)

Leave a Comment