Ini dia kabar terbaru sekaligus kabar bahagia SMP Negeri 1 Mranggen. Peningkatan sarana pendidikan yang diupayakan sejak beberapa bulan lalu kini dapat dilihat hasilnya. Tiga unit gedung baru (UGB) selesai dibangun. Dengan demikian, tiga ruang kelas baru tersebut juga siap digunakan untuk kegiatan belajar.

Sebagaimana dikabarkan di laman web SMP Negeri 1 Mranggen beberapa saat lalu, tiga ruang kelas direncanakan untuk dibangun. Program yang didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) kabupaten Demak tahun 2020 ini semula direncanakan selesai pada pertengahan Desember 2020. Kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh (daring) membuat siswa-siswa tetap berada di rumah. Dengan tidak berada di sekolah, ketidakhadiran siswa-siswa menyebabkan proses pembangunan gedung justru berlangsung dengan lancar. Alhasil, pada 17 Desember 2020 yang lalu, selesailah program pembangunan unit gedung baru tersebut.

Sesuai dengan rencana yang dituangkan dalam perjanjian dengan Pegawai Pembuat Komitmen Dinas Pendidikan kabupaten Demak pada 19 Agustus 2020 lalu, pelaksanaan program pembangunan berlangsung sesuai harapan. Gedung yang telah selesai dibangun antara lain tiga ruang kelas baru menggantikan dua ruang kelas dan satu ruang lain yang telah dihapuskan karena sudah tidak layak untuk digunakan.

Disampaikan oleh Ali Mashar, S.Pd, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana SMP Negeri 1 Mranggen, bahwa hasil pembangunan kali ini sangat memuaskan. Dikatakan pula oleh beliau bahwa pembangunan atau perbaikan masih dibutuhkan terhadap beberapa ruang kelas lain. Pada pengajuan DAK lalu, sebenarnya SMP Negeri 1 Mranggen mengajukan lima ruang kelas untuk dilakukan rehabilitasi. Akan tetapi, mengingat waktu pengerjaan yang dialokasikan hanya dua bulan, maka hanya tiga ruang kelas yang dimungkinkan untuk dapat direalisasikan.

“Masih ada beberapa gedung lagi yang sesungguhnya perlu direhabilitasi. Di antaranya ruang kelas VII H, I, J dan gedung perpustakaan. Mengingat lahan yang dimiliki SMP Negeri 1 Mranggen terbatas, saya juga mengharapkan agar pada program pembangunan atau rehabilitasi berikutnya, SMP Negeri 1 Mranggen memperoleh DAK pembangunan gedung dengan struktur bangunan untuk dua lantai”, demikian ditambahkan oleh wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana tersebut.

Pembangunan di SMP Negeri 1 Mranggen masih akan berlanjut pada masa mendatang. Terus maju mengejar mutu.

Salam jaya Spensa. (AA)

Leave a Comment