Gelaran Penilaian Akhir Tahun atau PAT SMP Negeri 1 Mranggen telah berakhir. PAT yang dihelat dalam masa pandemi Covid-19 ini berlangsung selama hampir dua pekan. Penilaian dilangsungkan mulai Senin, 31 Mei 2021 hingga Kamis, 10 Juni 2021.

Kegiatan Penilaian Akhir Tahun kali ini tetap dilangsungkan sesuai dengan protokol kesehatan demi pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan sekolah. Setiap pagi, satu persatu siswa disambut oleh satuan tugas Covid-19 yang berjaga di pintu gerbang. Pengecekan suhu tubuh, pemantauan penggunaan masker, penyemprotan hand sanitizer dan pengarahan untuk mencuci tangan dengan sabun merupakan rutinitas yang harus dilewati siswa sebelum masuk ruang kelas dan mengerjakan soal-soal PAT.

PAT di SMP Negeri 1 Mranggen dihelat secara blended learning. Artinya, siswa-siswa masuk sekolah untuk mengerjakan soal-soal PAT melalui perangkat komunikasi elektronik seperti telepon selular, tablet atau laptop yang dibawa sendiri oleh siswa. Pelaksanaan secara blended learning ini dimaksudkan untuk menjamin kepastian pengerjaan soal-soal PAT secara tepat waktu oleh siswa. Laboratorium komputer disiagakan oleh panitia untuk memberikan fasilitas bagi sebagian siswa yang tidak memiliki gawai. Mengingat banyaknya jumlah siswa SMP Negeri 1 Mranggen, penggiliran merupakan teknik alternatif yang dianggap aman agar PAT terlaksana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Terjadi pengubahan waktu dan pelaksanaan secara tiba-tiba ketika PAT sudah berlangsung separuh dari alokasi waktu yang dijadwalkan. Pandemi Covid-19 yang makin memprihatinkan adalah penyebabnya. Kondisi ini memaksa diturunkannya instruksi Dinas Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Demak berkaitan dengan pelaksanaan PAT.  Dalam surat edaran yang ditujukan kepada sekolah-sekolah, diinstruksikan agar PAT diselenggarakan secara daring penuh. Hal ini kemudian menjadi dasar pengubahan waktu dan pelaksanaan PAT di lingkungan SMP Negeri 1 Mranggen. PAT yang semula direncanakan secara blended learning akhirnya diubah menjadi daring penuh. Adapun waktu pelaksanaan PAT dipangkas dari rencana semula, yakni selesai pada hari Senin, 14 Juni 2021 menjadi Kamis, 10 Juni 2021 sebagai hari terakhir.

Bagaimanapun pelaksanaannya, saat ini proses Penilaian Akhir Tahun telah berakhir. Nilai-nilai siswa telah direkapitulasi. Hasilnya akan segera diumumkan. Adapun siswa-siswa sudah bersuka cita. Mereka sudah bersiap naik kelas karena tahun ajaran baru segera tiba.

Tetap kuatkan semangat! Jaga diri, utamanya pada masa pandemi ini! Mari sambut tahun ajaran baru dengan semangat yang baru pula! Salam jaya Spensa.(AA)

Leave a Comment