Kabar gembira kembali datang dari Spensa. Semua merasakannya. Siswa-siswa, orang tua dan terutama civitas academica Spensa. Sebanyak tiga ratusan siswa Spensa dinyatakan lulus semua.

Jumat, 4 Juni 2021 lalu, tepat pukul 10.00 WIB surat pengumuman kelulusan dibagikan kepada masing-masing siswa. Sebanyak 315 pengumuman disampaikan secara daring melalui media sosial Whatsapp ke nomor telepon masing-masing siswa secara pribadi. Surat pengumuman disampaikan dalam bentuk Portable Document Format atau biasa disebut pdf.

Pengumuman kelulusan yang diselenggarakan tanpa tatap muka memang kurang mantap rasanya. Euforia yang dirasakan kurang menggelora. Siswa-siswa tidak dapat meluapkan kegembiraan secara bersama-sama. Akan tetapi, mengingat pandemi yang masih belum mereda, penyampaian pengumuman secara daring dilakukan dengan terpaksa.

Sebagaimana diketahui, tahun ini adalah tahun kedua Spensa meluluskan siswa-siswanya dalam masa pandemi Covid-19. Sama halnya dengan sebelumnya, tahun 2021 ini Spensa juga meluluskan 100% siswanya. Tahun ini juga merupakan tahun kedua Spensa meluluskan siswa-siswanya tanpa penyelenggaraan Ujian Nasional (UN). Hal ini sesuai dengan instruksi dari Kemendikbud RI bahwa kelulusan tidak lagi ditentukan dengan adanya Ujian Nasional. Namun demikian, kelulusan siswa-siswa Spensa tetap melalui tahapan tes. Ujian Sekolah (US) tetap dilaksanakan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Menindaklanjuti pengumuman kelulusan yang telah disampaikan, Sabtu, 5 Juni 2021 dilaksanakan pembagian berkas kelulusan yang meliputi Surat keterangan Lulus (SKL), buku rapor, rekap nilai 5 semester dan beberapa berkas lainnya. Berkas kelulusan dibagikan langsung kepada orang tua atau wali siswa di Gedung Serbaguna SMP Negeri 1 Mranggen dalam dua gelombang.  Gedung Serbaguna yang lumayan luas hanya diisi kurang dari separuh kapasitas yang sesungguhnya. Menghindarkan adanya kerumunan merupakan tujuan utama dibagikannya berkas kelulusan dalam dua gelombang tersebut.

Dalam kesempatan yang penuh kebahagiaan tersebut, ucapan selamat disampaikan oleh plt. Kepala SMP Negeri 1 Mranggen atau Spensa, Dra. Sri Tutik Cahyaningsih, M.Pd. kepada para orang tua dan wali siswa yang hadir. Dalam sambutannya dikatakan pula bahwa siswa-siswa yang dinyatakan lulus tersebut sekaligus dilepas dan siap melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.  

“Selamat kepada siswa, orang tua atau wali siswa yang berbahagia. Sampai di sini kami mengantarkan putra/putri Bapak/Ibu. Kami turut bangga dan berbahagia. Selamat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi untuk menggapai cita-cita”.

Selamat atas kelulusan siswa-siswa Spensa. Langkah kalian masih panjang. Teruslah melangkah untuk menapaki anak tangga hingga puncak! Doa kami untuk kalian terus disenandungkan meski terpisah jarak. Salam jaya spensa.(AA)

Leave a Comment