Senin, 7 Desember 2020, PKKS diselenggarakan di SMP Negeri 1 Mranggen. PKKS yang merupakan singkatan dari Penilaian Kinerja Kepala Sekolah merupakan sebuah evaluasi terhadap kinerja pemimpin sebuah sekolah. Kinerja kepala sekolah yang sekaligus juga mencerminkan kinerja seluruh perangkat sekolah dievaluasi. Dengan demikian, penilaian terhadap kinerja kepala sekolah bermakna pula penilaian terhadap kinerja seluruh perangkat sekolah.

Hadir sebagai penilai dalam PKKS adalah Drs. Indarjo, M.H., dan Dr. Setyobudi, M.Pd. Keduanya adalah pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Demak.

Dalam penilaian yang dipusatkan di gedung serba guna SMP Negeri 1 Mranggen tersebut, delapan standar penilaian dievaluasi satu persatu. Setiap standar penilaian ditangani oleh dua koordinator. Para koordinator mempersiapkan semua data yang diperlukan untuk standar penilaian yang ditanggungjawabkan kepadanya.

Kegiatan PKKS diawali dengan pembukaan pada pukul 8.30 WIB. Selanjutnya, proses penilaian terhadap semua standar, dan diakhiri dengan evaluasi pada pukul 13.15 hingga 13.30 WIB. Pada akhir penyampaian evaluasi, kedua pengawas sekaligus penilaian mengharapkan agar kelebihan yang dimiliki oleh SMP Negeri 1 Mranggen terus ditingkatkan. Sebaliknya, kekurangan-kekurangan yang ditemukan, diharapkan diperbaiki agar kualitas SMP Negeri 1 Mranggen terus meningkat dan makin membanggakan. (AA)

Leave a Comment