Satu lagi, trofi juara berhasil masuk galeri prestasi SMP Negeri 1 Mranggen. Kali ini bukan oleh siswa, tetapi oleh salah satu pengajar SMP Negeri 1 Mranggen. Veronika Nining Purwaningsih, S.Pd., M.Pd., salah seorang pembina pramuka SMP Negeri 1 Mranggen berhasil membawa pulang trofi juara 1 untuk kategori pembina pramuka tingkat penggalang. Kak Vero, yang juga merupakan guru Seni Budaya SMP Negeri 1 Mranggen berhasil mengalahkan para pesaingnya dalam lomba yang baru kali ini diikutinya.

“Ini pertama kalinya saya ikut (lomba pembina pramuka) dan saya bisa meraih juara. Ini menakjubkan untuk saya. Saya akhirnya berhasil mengalahkan para peserta lain yang lebih berpengalaman dalam mengikuti lomba itu”, tandas kak Vero. 

Kak Veronika sebagai juara 1 lomba pembina pramuka berprestasi kategori  penggalang mewakili kwarran Mranggen, berhasil menyingkirkan peserta lain. Pesaing ketatnya, wakil kwarran Dempet  hanya menduduki juara 2 dan wakil kwarran Karanganyar menyabet juara 3 pada kategori yang sama. Selain kemenangan kak Veronika, ada kabar membanggakan lain. Ternyata, juara 1 pembina pramuka kategori siaga berhasil dimenangkan oleh wakil kwarran Mranggen. Adapun juara 1 pembina pramuka kategori penegak berhasil direbut oleh wakil kwarran Wonosalam.  Dengan demikian, kwarran Mranggen memperoleh dua trofi juara 1 sekaligus. Ini berarti kwarran Mranggen juga berhasil merebut predikat juara umum.

Lomba yang diselenggarakan di sanggar pramuka kabupaten Demak, jalan Sultan Trenggono, Katonsari, Demak Kota, Demak itu dihelat selama dua hari, yakni Sabtu dan Minggu, 21 s.d. 22 November 2020 itu. Lomba pembina pramuka berprestasi akan digelar tiap tahun karena ini adalah agenda tahunan kwarcab Demak. Oleh Fachrurrozi, S.Pd., ketua harian kwarcab Demak, kegiatan lomba disusun demikian padat. Dalam lomba tersebut, ada empat aspek yang dilombakan, yakni portofolio, pemaparan best practice pembelajaran pramuka, tes tulis, dan praktik scouting skill. Lomba digelar untuk tiga kategori, yakni pembina siaga, penggalang, dan penegak. (Amanah Agus)

Leave a Comment