Pandemi Covid-19 masih membayangi. Wabah ini telah menyebabkan kelumpuhan pada hampir semua sendi kehidupan.  Segala kegiatan yang telah direncana menjadi tertunda. Kondisi ini menghadirkan berbagai problematika. Pada satu sisi, semua kegiatan harus tetap berjalan. Pada sisi lainnya, rasa waswas membuat kebebasan terampas. Sudah saatnya kita bangkit. Melangkah lagi dan mengusir masa sulit.

Perang terhadap Covid-19 saat ini telah dikobarkan. Vaksinasi terhadap Covid-19 digalakkan. Ini adalah upaya untuk melindungi diri. SMP Negeri 1 Mranggen sebagai sebuah instansi pendidikan turut pula menyelenggarakan vaksinasi.

Jumat dan Sabtu, 9 dan 10 September 2021 lalu, vaksinasi di SMP Negeri 1 Mranggen sukses terselenggara. Ini adalah vaksinasi tahap pertama. Ratusan dosis pertama diberikan kepada para siswa.

Kegiatan vaksinasi yang digelar di auditorium SMP Negeri 1 Mranggen ini diselenggarakan selama dua hari. Hari pertama diikuti oleh setengah jumlah total siswa. Adapun setengah jumlah lainnya mendapatkan suntikan pada hari kedua. Penjadwalan peserta ini direncanakan mengikuti jadwal hadir siswa yang telah berjalan.

Sebagaimana disosialisasikan kepada para siswa dan orang tua/walinya bahwa SMP Negeri 1 Mranggen menyelenggarakan pembelajaran secara terpadu (blended learning) sejak Juli 2021 lalu. Dalam pembelajaran ini, siswa-siswa mengikuti pembelajaran secara bergiliran. Satu kelas dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mengikuti pembelajaran di sekolah sedangkan kelompok kedua mengikuti pembelajaran secara daring di rumah masing-masing. Dengan demikian, dalam satu minggu, penggiliran siswa berlangsung sebanyak tiga kali.

Kegiatan vaksinasi tahap pertama ini akan segera disusul dengan vaksinasi tahap kedua kedua. Jika tidak ada halangan, dalam jeda waktu selama 28 hari sejak dosis pertama diberikan, vaksinasi kedua akan segera digelar.

Terselenggaranya vaksinasi yang sukses ini merupakan hasil kerja sama antara tim satgas Covid-19 SMP Negeri 1 Mranggen dengan Puskesmas Mranggen 1. Selain tim satgas, komite sekolah, Babhinsa kelurahan Kembangarum, dan anggota polsek Mranggen juga turut mendampingi pelaksanaan acara ini. Kehadiran banyak pihak dalam acara tersebut menunjukkan bukti adanya dukungan yang besar terhadap penyelenggaraan vaksinasi di lingkungan SMP Negeri 1 Mranggen.

Diberikannya suntikan vaksinasi ini merupakan langkah nyata agar kesehatan dan keselamatan para siswa tetap terjaga. Adapun upaya-upaya lainnya berkaitan dengan pencegahan penularan Covid-19 telah dilakukan bersama-sama. Usaha-usaha ini tak luput dari dipanjatkannya doa-doa agar pandemi segera pergi dan pembelajaran dapat diselenggarakan secara normal kembali.(AA)

Leave a Comment