“Yeaaaaay”, sorak-sorai siswa terdengar ramai. Gemuruh suara tiga ratusan siswa memenuhi halaman Spensa. Halaman yang sekaligus difungsikan sebagai lapangan basket, siang itu, penuh oleh siswa-siswa dengan wajah berhias senyuman gembira nan lega.  Keceriaan mereka begitu kentara. Yang tampak adalah rasa bahagia.

Ya, siang itu, sekitar pukul 10.00 WIB, para siswa kelas IX SMP Negeri 1 Mranggen mengikuti sesi foto bersama. Jumat lalu, hari ketiga puluh bulan April 2021 lalu sengaja dipilih sebagai waktu yang tepat untuk mengambil foto bagi para siswa kelas IX. Hari itu bertepatan dengan hari terakhir pelaksanaan Ujian Sekolah. Sekitar lima sepuluhan menit mereka bergaya, merekam kebersamaan selepas penat mengerjakan soal-soal ujian.

Bersama para wali kelas masing-masing, wajah sumringah mereka diabadikan.  Gambar atau foto tersebut diambil untuk nantinya dimuat dalam buku kenangan yang akan dibagikan dalam perpisahan. Pada saat yang bersamaan wakil kepala SMP Negeri 1 Mranggen bidang hubungan masyarakat, Sri Suratmi, M.Pd. memberikan pernyataannya berkaitan dengan pengambilan gambar tersebut.

“Ini adalah foto. Di dalamnya ada cerita dan kenangan bahwa mereka pernah belajar bersama di Spensa. Dengan membuka dan memandang foto-foto ini kembali suatu saat nanti, jalinan silaturahmi akan rekat dan abadi”, demikian tuturnya.

Ditegaskan oleh Sri Suratmi, M.Pd. bahwa seperti biasa, selain foto dan identitas, dalam buku kenangan tersebut juga akan dicantumkan nomor telepon atau tautan media sosial lain yang dimiliki oleh para siswa tersebut. Dengan demikian, dimungkinkan mereka dapat terus terkoneksi dan berkomunikasi. Saat ini, untuk tetap dapat terkoneksi dan berkomunikasi satu sama lain merupakan hal yang sangat penting. Mereka dapat berbagi informasi dalam hal apapun. Juga, terutama, berkomunikasi dalam kaitannya dengan pendidikan yang akan mereka lanjutkan untuk meraih masa depan.

Ya, ini adalah gambar yang menunjukkan bahwa di SMP Negeri 1 Mranggen ini mereka telah selesai belajar. Masih ada banyak anak tangga pendidikan yang harus mereka daki. Lagi dan lagi agar mereka mendapatkan pendidikan yang tinggi.

Mari terus dukung mereka! Berikan semangat agar mereka kuat! Curahkan motivasi untuk mereka mengembangkan potensi diri menjadi pribadi yang membanggakan negeri!

Salam jaya Spensa. (AA)

Leave a Comment