Kompetisi Sains Nasional (KSN), sebelumnya dikenal sebagai Olimpiade Sains Nasional (OSN), merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia. Pada tahun 2020, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) dengan tagline “Jujur itu Juara, Berprestasi dari Rumah, Semangat Menolak Menyerah”. Hal ini disebabkan karena di tengah pandemi Covid 19 ini, pemerintah memutuskan KSN tidak dapat diselenggarakan secara tatap muka, tetapi secara virtual.

Seleksi KSN dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional yang semuanya dilaksanakan secara daring (online). Untuk tahun 2020 ini, penyelenggaraan KSN secara umum mengusung tema Melejitkan Talenta dan Prestasi Sains, Teknologi, Riset, dan Inovasi di Masa Pandemi. Untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), ada tiga mata pelajaran yang dilombakan, yaitu Matematika, IPA dan IPS.

SMP Negeri 1 Mranggen ikut berpartisipasi dalam KSN 2020 dengan mengirimkan tiga siswa terbaik pada masing-masing mata pelajaran. Untuk mata pelajaran Matematika, KSN dilaksanakan pada hari Rabu,14 Oktober 2020 dan SMP Negeri 1 Mranggen diwakili oleh Dwi Saputra (IX A). Untuk mata pelajaran IPA diwakili oleh Eko Maulida Apriliani (IX A) pada hari Kamis, 15 Oktober 2020, sedangkan mata pelajaran IPS diwakili oleh Idelia Permatari Joansyah (IX A) pada hari Jumat, 16 Oktober 2020. Semangat dan pengalaman mengikuti kompetisi sains di masa pandemi ini diharapkan dapat menguatkan mimpi serta imajinasi hebat siswa/siswi SMP Negeri 1 Mranggen untuk menjadi bagian generasi pembaru dan pemberi solusi sains untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di masa depan. (endcipt)

Leave a Comment