Kabar bahagia kembali datang dari SMP Negeri 1 Mranggen. Sebanyak enam pengajar menerima Surat Keterangan Izin Penggunaan Gelar Magister. Bertambahnya jumlah pengajar yang telah memiliki gelar magister otomatis juga menaikkan kaliber SMP Negeri 1 Mranggen sebagai sekolah dengan mutu pendidikan yang tidak dapat disepelekan. Sebagai informasi, pengajar-pengajar di SMP Negeri 1 Mranggen hampir sepertiganya adalah lulusan magister (S2). Pengajar lainnya, saat ini telah bergelar sarjana (S1).

Surat Keterangan Izin Penggunaan Gelar Magister yang ditandatangani wakil bupati Demak, Drs. Joko Sutanto itu dikeluarkan per tanggal 4 November 2020. Karena adanya prosedur, pada hari Jumat, 27 November 2020 ini, SK baru dapat diterimakan kepada yang bersangkutan. Dengan diterimanya SK, berarti gelar Magister Pendidikan (M.Pd) telah resmi dan sah disandang oleh keenam pengajar tersebut dalam kedinasan.

Sebelumnya, secara bersamaan, enam pengajar melanjutkan pendidikan magister di Universitas PGRI Semarang. Satu orang mengambil konsentrasi atau program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2, yakni, Amanah, S.Pd. yang merupakan pengajar mata pelajaran yang sama. Adapun lima orang lainnya, yakni Bustamil Arifin, S.Pd., Veronika Nining Purwaningsih, S.Pd., Endah Cipta Ningrum, S.Si., Sri Widayati, S.Pd., dan Erna Zulaekha, S.Pd. mengambil program studi Manajemen Pendidikan di kampus yang sama dengan dukungan beasiswa dari pemerintah kabupaten Demak.

Pada acara wisuda yang telah berlangsung 29 Agustus lalu, enam pengajar SMP Negeri 1 Mranggen menerima ijazah S2 dari Universitas PGRI Semarang. Yang membanggakan, di antara enam orang tersebut, dua orang di antaranya berhasil memperoleh predikat cumlaude dan wisudawan terbaik. Amanah, S.Pd. memperoleh predikat sebagai salah satu wisudawan cumlaude sekaligus terbaik, dan Endah cipta Ningrum, S.Si mendapat predikat wisudawan cumlaude. Ini adalah kebanggaan tersendiri bagi SMP negeri 1 Mranggen, yang mana dua pengajarnya berhasil menyelesaikan pendidikan dengan memperoleh gelar cumlaude. Ini menandakan bahwa selama ini mereka belajar dengan baik.

Selanjutnya, Edy Purnomo, M.Pd., sebagai wakil kepala SMP Negeri 1 Mranggen bidang kurikulum menyambut gembira akan hal ini. Ucapan selamat disampaikan oleh punggawa SMP Negeri 1 Mranggen tersebut. Dipesankan olehnya pula agar gelar magister yang telah dicapai ini tidak boleh menjadikan sombong. Kesuksesan yang telah diraih juga harus turut menyumbangkan dedikasi bagi semuanya, utamanya bagi sekolah tercinta.

“Dengan diraihnya gelar magister, berarti mereka telah meningkat. Hal ini tidak boleh menjadikan mereka sebagai pribadi yang sombong. Justru mereka harus memberikan manfaat untuk semua, terutama SMP Negeri 1 Mranggen, karena mereka adalah penerus kepemimpinan di sini. Di tangan merekalah nantinya bendera SMP tercinta ini harus terus berkibar” demikian apa yang disampaikan oleh Edy Purnomo, M.Pd., saat diwawancarai reporter laman web SMP Negeri 1 Mranggen.

Berita membanggakan berikutnya masih akan dikabarkan oleh SMP Negeri 1 Mranggen. Beberapa waktu ke depan, jumlah pengajar bergelar magister di SMP Negeri 1 Mranggen masih akan bertambah. Saat ini, ada dua pengajar yang masih berstatus mahasiswa pascasarjana. Satu orang pengajar mata pelajaran IPA, yakni Husni Binawati, S.Pd. duduk di semester tiga, dan pengajar Bahasa Inggris, Andy Prasetyono, S.Pd yang baru saja memasuki semester awal. (Amanah Agus).

2 Thoughts to “Bertambah Enam Magister, SMP Negeri 1 Mranggen Naik Kaliber”

  1. Anggun ariana putri

    Semoga SMP negeri 1 mranggen tambah maju dan tambah menjadi SMP nomor satu

    1. Admin SMPN 1 Mranggen

      Terima kasih atas doa ini. Dukungan dari segenap siswa sangat dibutuhkan.
      Spensa Jaya.

      Salam,
      Admin

Leave a Comment