Sekali lagi, SMP Negeri 1 Mranggen menambah koleksi piala. SMP Negeri 1 Mranggen yang diwakili Arya Dwi Ahadika (IX H), Idelia Permatari (IX A), dan Rossiana (IX B) berhasil merebut juara 1 dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) Permuseuman tingkat SMP yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak. SMP Negeri 1 Mranggen yang biasa menyandang gelar juara dalam kejuaraan olahraga, pada kesempatan ini berhasil menyabet juara 1 dari kejuaraan akademik. Prestasi ini menunjukkan bahwa SMP Negeri 1 Mranggen unggul baik dalam bidang akademik maupun nonakademik.

LCC yang diselenggarakan pada hari Senin, 9 November 2020 tersebut dilaksanakan di aula Budi Utomo (tingkat SD) dan aula Ki Hajar Dewantoro (tingkat SMP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak. Peserta lomba adalah siswa SD dari 14 koordinator wilayah tingkat Kecamatan, serta 18 siswa berbagai SMP di Kabupaten Demak.

Sistem seleksi LCC terdiri dari 2 babak yaitu babak penyisihan, yang dilaksanakan melalui tes tertulis, dan babak final, yang dilaksanakan secara lisan. Pada babak penyisihan, tim SMP Negeri 1 Mranggen termasuk dalam 6 besar skor terbaik sehingga dinyatakan lolos dan maju ke babak final. Setelah berjuang keras, akhirnya SMP Negeri 1 Mranggen berhasil mengalahkan lawan-lawannya dan menjadi juara pertama dalam LCC tersebut.

LCC Permuseuman ini merupakan salah satu lomba yang diselenggarakan atas kerjasama UPTD Museum Glagah Wangi dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak dalam rangka mempromosikan kebudayaaan dan pariwisata Kabupaten Demak. Selain LCC, telah dilaksanakan pula lomba-lomba lain pada minggu sebelumnya, yaitu lomba geguritan, poster, permainan tradisional, dan tradisi lisan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan apresisasi siswa-siswi terhadap museum serta mendorong penguatan, pemahaman, dan wawasan terhadap sejarah maupun seni budaya, khususnya di Kabupaten Demak. (EndCipt).

Leave a Comment